Sabtu 04 Nov 2023 11:05 WIB

Masyarakat  Antusias Sambut Lodaya-Siliwangi Ride 2023

Ratusan peserta akan menyusuri rute Tasikmalaya-Pangandaran 174 kilometer.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus melepas peserta lomba balap sepeda
Foto: dok. Republika
Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus melepas peserta lomba balap sepeda " Lodaya-Siliwangi Ride 2023" di Alun-alun Kota Tasikmalaya, Sabtu (4/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA -- Masyarakat Tasikmalaya, Ciamis, dan Pangandaran, antusias menyambut lomba balap sepeda dengan titel ‘Lodaya Siliwangi Ride 2023’ yang berlangsung Sabtu (4/11/2023). Sebanyak 500 peserta dari berbagai daerah di Indonesia ini dilepas secara langsung oleh Kapolda Jabar, Irjen Pol Dr Akhmad Wiyagus dan didampingi Kasdam III Siliwangi, Brigjen TNI Agus Saepul, dan Ketua Pengprov ISSI Jabar, Iman Firmansyah, di Alun-alun, Kota Tasikmalaya.

Ratusan peserta yang akan menyusuri rute Tasikmalaya-Pangandaran 174 kilometer ini menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat Tasikmalaya dan sekitarnya. Sejak pukul 05.30 WIB, masyarakat sudah mendatangi Alun-alun Kota Tasikmalaya untuk melihat secara langsung lomba balap sepeda yang memperebutkan hadian uang tunai sebesar Rp 269 juta. 

‘’Ini event yang sangat langka di Tasikmalaya. Masyarakat bisa melihat langsung atlet-atlet balap sepeda tingkat nasional,’’ kata Cecep Hidayat (45 tahun) warga Kota Tasikmalaya.

Sepanjang jalan yang dilalui, masyarakat antusias memberikan semangat kepada para peserta. Ratusan pesertra ini dilepas dari Alun-Alun Kota Tasikmalaya di Jl Otto Iskandardinata, kemudian menyusuri Jl KH HZ Mustofa, Jl Raya Cibalong, Sindangkerta, Cipatujah, Cimerah, dan berakhir di Alun-alun Paamprokan, Kabupaten Pangandaran.

 

‘’Jarang-jarang lihat balapan seperti ini. Sangat meriah,’’ kata Ny Rita (53) warga Kota Tasikmalaya.

Ketua Pengprov ISSI Jawa Barat, Iman Firmansyah, mengapresiasi P{olda Jawa Barat yang telah menyelenggarakan lomba balap sepeda yang cukup prestisius ini. Ia menilai, lomba ini tak hanya diikuti oleh patlet dari Jawa Barat saja tapi pembalap dari luar daerah pun ikut ambil bagian. 

‘’Event ini diikuti oleh sejumlah pembalap kaliber nasional dari klub terkemuka di tanah air. Ini tentunya menjadi catatan bagi prestasi cabang balap sepeda di Jawa Barat,’’ kata dia.

Iman mengungkapkan, lomba ini menjadi awal bagi kegiatan sejenis ke depan. Ada sejumlah agenda lomba yang akan digelar oleh Polda Jabar bekersama dengan Pengprov ISSI Jawa Barat di tahun 2023 ini. 

Ia mengatakan, pada Desember nanti akan digelar lomba sepeda klasik tanjakan dari Kota Bandung dan berakhir di Gunung Tangkuban Parahu. Selain itu, imbuh dia, akan ada juga lomba long ride dengan menyusuri Pantai Selatan Jawa Barat mulai dari Sukabumi hingga Pangandaran. ‘’Lomba-lomba ini sangat dinanti oleh para pembalap,’’ ujar dia.

Lomba balap sepeda ‘’Lodaya Siliwangio Ride 2023’’ ini dibagi dalam tujuh kategori. Yaitu Men Open, Women Open, Master A, Master B, Master C, Under 23,  dan TNI-Polri, serta Bhayangkari (istri Polri) dan Dharma Pertiwi (istri TNI). Setiap kategori akan mendapat hadiah untuk juara pertama Rp 10.000.000, kedua Rp 7.000.000, ketiga Rp 5.000.000, keempat Rp 3.000.000, kelima Rp 2.000.000 dan yang masuk 10 besar masing-masing Rp 1.000.000.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement