Selasa 07 Nov 2023 00:18 WIB

Salah Satu Dokter Asal Kota Bandung yang Telah Mendapatkan Gelar Finasim

Penting bagi Indonesia untuk memiliki dokter-dokter yang berkualitas.

Salah satu dokter asal Kota Bandung yang telah mendapatkan gelar Finasim.
Foto: dok. Republika
Salah satu dokter asal Kota Bandung yang telah mendapatkan gelar Finasim.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mendapatkan gelar atau penghargaan merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap kinerja yang selama ini kita lakukan. Seperti hal-nya seorang dokter yang berhasil mendapatkan gelar FINASIM. 

Gelar FINASIM adalah gelar akademik tertinggi dalam bidang kedokteran penyakit dalam di Indonesia serta merupakan singkatan dari Fellow of Indonesian Society of Internal Medicine, yang mengacu pada spesialiasi dalam Ilmu Penyakit Dalam. 

Gelar ini diberikan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan hanya diberikan kepada dokter yang memenuhi syarat-syarat yang ditentukan.

Salah satu dokter yang telah mendapatkan gelar ini adalah dr Agung Firmansyah Sumantri, Sp PD-KHOM, MMRS, FINASIM

 

yang telah mendapatkan gelar tersebut sejak 2016. Menurutnya, gelar tersebut membutuhkan perjuangan yang panjang untuk meraih gelar tersebut. 

"Allhamdulillah kurang lebih sudah 7 tahun saya telah mendapatkan gelar tersebut " ujar Agung dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Senin (6/11/2023).

Bagi dokter asal Kota Bandung ini, gelar tersebut menjadikan dirinya lebih memahami seluk beluk kondisi pasien. Terutama, pasien yang mempunyai riwayat penyakit berat. 

Agung mengatakan, tahapan untuk mendapatkan gelar tersebut cukup banyak. Di antaranya adalah latar belakang pendidikan dan pengalaman kerja, kompetensi profesional dan etika kerja, penelitian dan publikasi ilmiah.

Tidak hanya itu, menurut Agung, ketika seorang dokter telah bergelar Finasim, beberapa keuntungan pun bisa diraih. Di antaranya, meningkatkan kredibilitas dan reputasi seorang dokter di masyarakat, memiliki kesempatan karir yang lebih baik, serta meraih pengakuan dalam dunia akademik dan profesional. 

Agung pun berharap, semakin banyak dokter di Indonesia yang memiliki gelar Finasim. "Semoga dengan banyaknya dokter bergelar Finasim, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap dokter di tanah air semakin tinggi hal ini karena kualitas dokter di tanah air setiap tahun nya semakin membaik," paparnya.

Untuk masa depan, kata dia, penting bagi Indonesia untuk memiliki dokter-dokter yang berkualitas dan mampu bersaing di tingkat internasional. Melalui upaya untuk mendapatkan Gelar Finasim, diharapkan dapat tercipta generasi dokter yang lebih berkualitas dan mampu berkontribusi secara maksimal dalam pengembangan kesehatan di Indonesia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement