Selasa 07 Nov 2023 10:04 WIB

Nashrudin Azis Resmi Mundur, Eti Herawati Jadi Plt Wali Kota Cirebon

Wali kota maju sebagai calon anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) VIII Jabar.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Eti Herawati kini menjadi Pj Wali Kota Cirebon pasca-mundurunya Nasharudin Azis.
Foto: Dok Pemkot Cirebon
Eti Herawati kini menjadi Pj Wali Kota Cirebon pasca-mundurunya Nasharudin Azis.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis, resmi mundur dari jabatannya. Posisinya kini digantikan oleh wakil wali kota, Eti Herawati.

Azis secara resmi berhenti sebagai wali kota Cirebon setelah DPRD Kota Cirebon mengumumkan pengesahan pemberhentiannya melalui rapat paripurna, di ruang Griya Sawala Gedung DPRD Kota Cirebon, Senin (6/11/2023).

Kepemimpinan Azis yang berpasangan dengan Eti Herawati pada periode 2018-2023, telah hampir rampung. Di bawah kepemimpinan periode kedua Azis, Kota Cirebon pun berkembang pesat.

Dalam pidato terakhirnya di rapat paripurna tersebut, Azis menghaturkan permohonan maaf atas segala kekurangan yang ada pada dirinya selama menjabat Wali Kota Cirebon.

 

‘’Permohonan maaf yang sebesar-besarnya atas segala kekurangan yang ada pada diri saya. Khususnya pada saat saya menjalankan tugas sebagai kepala daerah,’’ ujar Azis.

Azis mengakui, tidak sedikit target dan harapan yang belum tercapai semasa menjabat wali kota. Padahal target dan harapan itu adalah bagian dari kesungguhannya untuk semakin memajukan Kota Cirebon.

‘’Maksud hati (ingin) memeluk gunung, namun apa daya tangan tak sampai. Begitu banyak rencana yang ingin saya kerjakan untuk Kota Cirebon. Namun apa daya, kemampuan saya yang sangat terbatas ini tidak bisa menyelesaikan semua yang menjadi harapan saya,’’ tuturnya.

Azis menambahkan, sebagai manusia biasa, dirinya tak luput dari salah dan khilaf. Sekalipun sebagai pemimpin, dia menyadari tidak selamanya benar.

‘’Maafkan atas kesalahan saya dan terima kasih atas dukungan teman-teman semua. Kerja sama di antara kita, khususnya dengan DPRD Kota Cirebon, Forkopimda dan semua pihak, itu adalah kenangan terindah dalam perjalanan hidup saya,’’ katanya.

Secara khusus, Azis juga berterima kasih kepada Wakil Wali Kota Cirebon, Eti Herawati, dan Sekretaris Daerah, Agus Mulyadi, beserta seluruh jajaran Pemda Kota Cirebon atas kerja sama yang terjalin selama kepemimpinannya.

Seusai rapat paripurna, di hadapan awak media, Azis menambahkan, selama kepemimpinannya sebagai Wali Kota, Pemda Kota Cirebon menghadapi berbagai dinamika. Namun berkat kekompakan, sinergi dan kolaborasi bersama wakil wali kota dan sekda berikut jajarannya, semua dinamika tersebut bisa teratasi dengan baik.

Kepada masyarakat Kota Cirebon, Azis pun menyampaikan permohonan maaf atas segala kekurangannya selama memimpin. Dia berharap dan optimistis Kota Cirebon di masa mendatang akan jauh lebih baik dan maju lebih pesat.

‘’Saya manusia biasa, tentu ada salah, ada benar. Ada baik, ada buruk. Oleh karena itu, saya mohon maaf sebesar-besarnya kepada masyarakat Kota Cirebon apabila selama saya memimpin banyak salahnya,’’ katanya.

Azis juga memberikan dukungannya kepada Eti Herawati untuk menjalankan tugas sebagai Plt Wali Kota, meneruskan sisa kepemimpinan Azis-Eti, hingga 12 Desember 2023 mendatang.

‘’Selamat berjuang. Kita semua harus mendukung kepemimpinan Bu Eti Herawati sebagai Plt Wali Kota,’’ tuturnya.

Sementara itu, Plt Wali Kota Cirebon, Eti Herawati mengapresiasi sekaligus berterima kasih atas dedikasi, pengabdian, dan kesungguhan Nashrudin Azis semasa menjabat wali kota Cirebon.

‘’Pak Azis sudah berusaha maksimal untuk memberikan yang terbaik bagi Kota Cirebon. Kami mengapresiasi dan berterimakasih, serta hormat atas dedikasi dan pengabdiannya,’’ kata Eti.

Seperti diketahui, Nashrudin Azis mengundurkan diri sebagai wali kota karena maju sebagai calon anggota DPR RI dari Daerah Pemilihan (Dapil) VIII Jawa Barat yang meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, dan Indramayu. Azis telah ditetapkan sebagai daftar calon tetap (DCT) untuk Pemilu 2024 pada 3 November 2023.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement