Rabu 08 Nov 2023 11:15 WIB

Bus Penjemput Rombongan Anak-Anak Study Tour di Bogor Terbakar

Diduga kobaran api pertama kali muncul dari bagian mesin bus.  

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Agus Yulianto
Petugas mengamati bus pariwisata yang habis terbakar.
Foto: ANTARA/Umarul Faruq
Petugas mengamati bus pariwisata yang habis terbakar.

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Sebuah bus pariwisata tiba-tiba terbakar di Jalan Mayjen Ishak Djuarsa, Kelurahan Gunung Batu, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor. Diduga, api berasal dari bagian mesin bus.

Kabid Pemadam dan Penyelamatan pada Dimas Pemadam Kebakaran Kota Bogor, M. Ade Nugraha, mengatakan peristiwa itu terjadi pada Rabu (8/11/2023) sektiar pukul 04.35 WIB. Berdasarkan informasi, bus hendak menjemput rombongan anak-anak sekolah yang akan berangkat untuk study tour.

“Informasinya mau jemput yang wisata. Jadi belum ada penumpang,” kata Ade, Rabu (8/11/2023).

Dalam video yang diterima Republika, bus yang terbakar berada di sisi jalan. Bagian bus yang terbakar yakni di sisi belakang, yang keluar dari bagian dalam bus.

 

Lebih lanjut, Ade mengatakan, Tim Damkar Kota Bogor yang mendapat laporan tersebut langsung bergegas menuju lokasi kejadian. Tiga unit mobil pemadam dari Kota dan Kabupaten Bogor diterjunkan untuk memadamkan api.

“Dugaan) penyebab kebakaran atau sumber api dari bagian mesin. Kami kerahkan satu unit mobil pemadam dari Damkar Kota Bogor dan dua unit dari Damkar Kabupaten Bogor,” jelasnya.

Dari laporan yang diterimanya, peristiwa kebakaran ini tidak menimbulkan korban jiwa. Lantaran anak-anak yang seharusnya naik bus tersebut belum sempat dijemput.

Kobaran api yang membakar hampir seluruh bagian bus sudah berhasil dipadamkan oleh petugas Damkar. Namun, hingga sekitar pukul 07.00 WIB, jalan tersebut mengalami kemacetan cukup panjang usai peristiwa kebakaran.

“Selesai penanganan 15 menit, kondisi sudah aman terkendali,” kata Ade.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement