Rabu 29 Nov 2023 17:52 WIB

Gelar Pangan Murah Diserbu Warga di Indramayu

Dalam GPM kali ini Bulog Indramayu menyediakan beras, gula pasir, dan minyak goreng.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Operasi Pasar Beras yang digelar Bulog Indramayu di Pasar Baru Indramayu diserbu pembeli.
Foto: Republika/ Lilis Sri Handayani
Operasi Pasar Beras yang digelar Bulog Indramayu di Pasar Baru Indramayu diserbu pembeli.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Pemkab Indramayu melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) kembali mengadakan Gelar Pangan Murah (GMP), Rabu (29/11/2023). Warga pun menyerbu berbagai komoditas yang dijual dalam kegiatan digelar di Balai Desa Krasak, Kecamatan Jatibarang tersebut.

Kegiatan itu juga dilakukan melalui kerja sama dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat. Kabid Ketersedian dan Distribusi Pangan DKPP Kabupaten Indramayu, Heru Purwanto, mengatakan, kegiatan itu bertujuan untuk menekan tingginya harga kebutuhan pokok di pasaran.

‘’Semoga kegiatan semacam ini bisa membantu masyarakat memperoleh kebutuhan pokok dengan harga yang terjangkau,’’ kata Heru.

Adapun komoditas yang dijual dan menjadi buruan warga dalam GMP tersebut di antaranya adalah beras, telor ayam, minyak goreng, gula pasir dan daging ayam. Komoditas tersebut dijual dengan harga dibawah harga pasar.

 

Seperti beras premium, dijual Rp 60 ribu per kemasan ukuran lima kilogram, beras medium Rp 54.500 per kemasan ukuran lima kilogram, minyak goreng Rp 13 ribu per liter, gula pasir Rp 16 ribu per kilogram, telur ayam Rp 25 ribu per kilogram dan daging ayam Rp 29 ribu per ekor.

Selain itu, adapula berbagai komoditas lainnya seperti bawang merah, bawang putih, daging bebek, aneka sayuran dan aneka frozen food. Semuanya dijual dengan harga yang lebih murah.

‘’Untuk harga berbagai komoditas dalam GMP ini, ada subsidi dari pemerintah di kisaran Rp 1.000 – Rp 2.000. Jadi harganya lebih murah dibandingkan harga di pasaran,’’ tukas Heru.

Sementara itu, Kepala Cabang Perum Bulog Indramayu, Ilhamsyah, menyambut baik program yang dicanangkan oleh pemerintah tersebut. Dia menyatakan, Bulog Indramayu pun akan selalu hadir membantu masyarakat, terutama dalam hal ketersediaan beras dan komoditas lainnya.

‘’Untuk menjaga stabilitas harga beras di tingkat masyarakat, kami selalu ikut berpartisipasi dengan menyediakan paket sembako dalam GPM yang diadakan oleh pemerintah setempat,’’ tukas Ilhamsyah.

Dalam GPM kali ini, Perum Bulog Cabang Indramayu menyediakan beras, gula pasir dan minyak goreng.

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement