Ahad 03 Dec 2023 04:53 WIB

Gempa Bumi Magnitudo 2,7 Guncang Kabupaten Bandung

Belum ada laporan dampak gempa Kabupaten Bandung

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Nashih Nashrullah
Gempa. Ilustrasi. Belum ada laporan dampak gempa Kabupaten Bandung
Foto: Reuters
Gempa. Ilustrasi. Belum ada laporan dampak gempa Kabupaten Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG- Gempa bumi berkekuatan magnitudo 2,7 mengguncang Kabupaten Bandung sekitar pukul 01.32 Wib, Ahad (3/12/2023). Gempa bumi berlokasi di darat pada jarak 24 kilometer barat daya Kabupaten Bandung dengan kedalaman 6 kilometer.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan gempa bumi ini berkekuatan magnitudo 2,7," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu melalui keterangan resmi, Ahad (3/12/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan gempa bumi yang terjadi  merupakan jenis gempa bumi dangkal diakibatkan aktivitas sesar lokal setempat. Gempa bumi dirasakan beberapa orang serta benda-benda ringan yang digantung bergoyang di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Cianjur.

"Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi," kata dia.

 

Ia melanjutkan hingga pukul 02:20 Wib hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan. Masyarakat diimbau tetap tenang.

"Diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat memastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi.

 

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement