Ahad 10 Dec 2023 17:03 WIB

Sistem Satu Arah akan Tetap Diberlakukan di Jembatan Otista Bogor

Desember ini rencananya dilakukan uji beban Jembatan Otista.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Irfan Fitrat
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau progres pembangunan Jembatan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).
Foto: Republika/ Shabrina Zakaria
Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto meninjau progres pembangunan Jembatan Otista, Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (9/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR — Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto memastikan sistem satu arah (SSA) akan tetap diberlakukan di Jembatan Otista. Saat ini pembangunan jembatan di Jalan Otto Iskandar, Kecamatan Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat, itu masih berjalan.

Bima Arya mengatakan, setelah pembangunan Jembatan Otista rampung, nantinya dipasang rambu-rambu untuk mendukung penerapan kembali SSA.

Baca Juga

“Kita pastikan SSA tetap akan diberlakukan. Jadi, tidak ada perubahan kembali lagi jadi dua arah, itu tidak ada. Nanti Dishub (Dinas Perhubungan) dan teman-teman Lantas (Satuan Lalu Lintas) di bawah koordinasi Pak Kapolresta, Pak Kasatlantas, akan memastikan penempatan rambu-rambu yang diperlukan,” kata Bima Arya, Sabtu (9/12/2023).

Pembangunan Jembatan Otista disebut masih berjalan sesuai rencana. Pada Desember ini direncanakan pelaksanaan uji beban jembatan.

Bima Arya mengatakan, uji beban itu ditujukan untuk memastikan kekuatan dari beton yang sudah terpasang. Untuk dilakukan pengujian, usia beton minimal harus 21 hari sampai 28 hari.

“Nanti begitu umur beton atau usia beton itu cukup, diperkirakan tanggal 15 Desember, itu kita rencanakan akan melakukan fase uji beban. Jadi, ada aturan harus melalui seperti itu,” ujar Bima Arya.

Setelah uji beban dan tahapan uji laik fungsi lainnya dilakukan, Bima Arya mengatakan, akan ditentukan apakah jembatan itu sudah bisa digunakan dan dilalui kendaraan atau belum.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement