Selasa 12 Dec 2023 19:12 WIB

Puluhan Pemuda di Sukabumi Ikuti Pelatihan Barista, Diharapkan Jadi Wirausaha

Pemkot Sukabumi memberikan pelatihan vokasi guna meningkatkan kapasitas generasi muda

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji berfoto bersama para peserta pelatihan vokasi kelas barista di Rumah Kreatif Milenial, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/12/2023).
Foto: Dok Dokpim Kota Sukabumi
Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji berfoto bersama para peserta pelatihan vokasi kelas barista di Rumah Kreatif Milenial, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (12/12/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Puluhan pemuda di Kota Sukabumi, Jawa Barat, mengikuti pelatihan vokasi kelas barista, Selasa (12/12/2023). Diharapkan dengan bekal dari pelatihan ini para peserta bisa menjadi barista profesional dan wirausaha.

Pelatihan vokasi kelas barista itu digelar di Rumah Kreatif Milenial, yang dihadiri Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji dan Ketua TP PKK Kota Sukabumi Diana Rahesti. 

Baca Juga

Kepala Bidang Koperasi dan Usaha Mikro Dinas Koperasi Usaha Mikro Perindustrian dan Perdagangan (Diskumindag) Kota Sukabumi Agus Mulyana mengatakan, pelatihan vokasi itu diikuti 50 peserta. “Mereka diberikan pelatihan agar jadi barista profesional,” kata dia.

Pelatihan vokasi itu dibuka Pj Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji. “Pelatihan vokasi ini salah satu upaya pemerintah untuk edukasi peningkatan kapasitas sumber daya manusia generasi muda dalam menumbuhkan kewirausahaan,” ujar Kusmana.

Kusmana mengatakan, pemerintah pusat hingga daerah berupaya menumbuhkan wirausaha. Idealnya, kata dia, pertumbuhan wirausaha ini mencapai empat persen. Adapun di Indonesia disebut baru sekitar 3,19 persen. “Kondisi ini menjadi tantangan menumbuhkan keterampilan pelaku usaha mengembangkan usahanya,” kata dia.

Pada pelatihan vokasi kali ini, para peserta juga diberikan materi terkait upaya meningkatkan manajemen bisnis agar tumbuh sebagai wirausaha. Dengan bekal pelatihan ini, Kusmana berharap dapat meningkatkan kapasitas para peserta sebagai barista, bahkan nantinya dapat menjadi wirausaha.

“Serap ilmunya dan ke depan bermanfaat dalam meningkatkan kemampuan dan kapasitas wirausaha di kalangan generasi muda,” kata Kusmana.  

Dengan semakin banyaknya wirausaha ini diharapkan juga dapat membantu pertumbuhan ekonomi daerah. Kusmana mendorong para pemuda ini untuk memperbanyak kolaborasi dan berbagi pengetahuan dalam upaya meningkatkan kemampuan dan usaha. “Tunjukkan kreativitas, inovasi, dan siap belajar, dan berkembang, serta kerja keras,” ujar dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement