Senin 18 Dec 2023 23:59 WIB

Dorong Sektor Peternakan, DKP3 Kota Sukabumi Giatkan Sekolah Lapang

Sekolah Lapang ini untuk meningkatkan kapasitas SDM peternakan.

Rep: Riga Nurul Iman/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Pemeriksaan kesehatan hewan ternak.
Foto: Republika/Riga Nurul Iman
(ILUSTRASI) Pemeriksaan kesehatan hewan ternak.

REPUBLIKA.CO.ID, SUKABUMI — Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Sukabumi, Jawa Barat, berupaya mendorong pengembangan usaha bidang peternakan. Salah satu upayanya dengan menggiatkan program Sekolah Lapang Peternakan Terpadu.

“Sekolah Lapang ini dalam rangka mewujudkan agrobisnis peternakan dan integrated farming di Kota Sukabumi yang semakin maju, unggul, dan berkelanjutan,” ujar Kepala DKP3 Kota Sukabumi Adrian Hariadi, Senin (18/12/2023).

Baca Juga

Adrian mengatakan, program Sekolah Lapang itu ditujukan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia (SDM) atau pelaku usaha peternakan, disesuaikan dengan minat dan potensinya. Pada Kamis (14/12/2023), misalnya, Sekolah Lapang Peternakan Terpadu ini digelar di Sekretariat Kelompok Tani Flamboyan Sejahtera, Kelurahan Sudajaya Hilir, Kecamatan Baros.

Menurut Adrian, ada sejumlah materi yang diberikan dalam Sekolah Lapangan ini. “Materi manajemen, kesehatan ternak domba, pemanfaatan limbah ternak, dan penanaman hijauan pakan indigofera dan odot,” ujar dia.

Dengan kegiatan Sekolah Lapang ini, Adrian mengatakan, diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan para peternak atau pelaku usaha peternakan, sehingga mendorong produktivitas.

Menurut dia, potensi peternakan rakyat di Sukabumi masih terbuka. Ia mengatakan, potensi itu harus bisa dioptimalkan, sehingga dapat berdampak juga terhadap perekonomian masyarakat dan daerah.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement