Selasa 19 Dec 2023 23:58 WIB

Satu Warga Cianjur yang Bekerja di Jakarta Positif Covid-19

Warga tersebut dinyatakan positif Covid-19 saat pulang ke Cianjur.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Kasus Covid-19.
Foto: republika/mgrol100
(ILUSTRASI) Kasus Covid-19.

REPUBLIKA.CO.ID, CIANJUR — Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, melaporkan adanya seorang warga yang positif Covid-19. Warga tersebut tengah menjalani isolasi mandiri.

Kepala Dinkes Kabupaten Cianjur Yusman Faisal mengatakan, warga berjenis kelamin pria itu bekerja di Jakarta. Saat pulang ke Cianjur, pria tersebut mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19. Ada dugaan pria tersebut terpapar Covid-19 di tempatnya bekerja.

Baca Juga

“Ini kasus pertama dan langsung dilakukan isolasi mandiri di rumah pasien pria itu, di bawah pengawasan tenaga kesehatan dari puskesmas setempat. Sebelumnya dilakukan tes PCR terhadap pasien tersebut,” kata Yusman di Cianjur, Selasa (19/12/2023).

Dengan adanya temuan kasus positif Covid-19 ini, Yusman mengatakan, pihaknya menekankan pemeriksaan awal secara menyeluruh terhadap warga yang mengeluhkan sakit dengan gejala Covid-19. Dinkes juga meminta puskesmas menyiapkan ruangan isolasi.

 

Dinkes Cianjur juga sudah mengajukan vaksin Covid-19 kepada pemerintah provinsi. Vaksin ini dapat ditujukan untuk booster tenaga kesehatan yang akan menangani pasien.

“Kasus Covid-19 saat ini diprediksi tidak terlalu membahayakan. Penyembuhan terhadap pasien seratus persen dapat dilakukan. Namun, fokus penanganan terhadap pasien yang memiliki risiko penyakit bawaan, sehingga tempat isolasi di puskesmas dan rumah sakit disiapkan,” kata Yusman.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement