Rabu 20 Dec 2023 06:20 WIB

Viral Video Bupati Indramayu Ajak Warga Pilih Ganjar-Mahfud, Ini Kata Bawaslu

Pertemuan dan ajakan antara Nina dengan sejumlah warga terjadi di Desa Santing.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Agus Yulianto
Bupati Indramayu, Nina Agustina.
Foto: Dok Diskominfo Indramayu
Bupati Indramayu, Nina Agustina.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Video Bupati Indramayu Nina Agustina, yang mengajak warganya untuk memilih pasangan capres dan cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo - Mahfud MD, beredar di media sosial. Dalam video berdurasi satu menit 24 detik itu, Nina mengajak warga yang hadir dalam sebuah pertemuan untuk memperjuangkan kemenangan Ganjar-Mahfud.

‘’Kita bersama-sama bersatu untuk memperjuangkan bersama masyarakat memperjuangkan Pak Ganjar Pranowo dan Pak Mahfud MD. Sepakat?,’’ kata Nina dalam video tersebut.

Pertemuan antara Nina dengan sejumlah warga diketahui terjadi di Desa Santing, Kecamatan Losarang, Kabupaten Indramayu, pada Sabtu (16/12/2023) kemarin. Dalam video itu juga terlihat Nina melakukan tanya jawab dengan warga. Dia mengingatkan warga untuk datang ke TPS saat pencoblosan pada 14 Februari 2024.

Menanggapi video tersebut, Ketua Bawaslu Indramayu, Ahmad Tabroni, mengungkapkan, pihaknya masih mendalami. ‘’Untuk bicara soal melanggar atau tidak, sejauh ini kita masih dalam proses mendalami, karena secara mekanisme pun diatur untuk melakukan kajian secara formil materilnya harus kita dalami dulu,’’ kata Tabroni, Selasa (19/12/2023).

Tabroni mengakui, kepala daerah memang dibolehkan melakukan kampanye. Hal itu sebagaimana diatur dalam PKPU Nomor 15 Tahun 2023.

Namun, kampanye yang dilakukan kepala daerah itu diperbolehkan di hari libur atau di luar dinas, yakni hari Sabtu dan Ahad. Sedangkan kampanye pada hari kerja atau Senin sampai Jumat, maka kepala daerah harus mengajukan cuti terlebih dulu.  

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement