Jumat 12 Jan 2024 09:52 WIB

Arif Budiman Pamit, Kombes Pol Sumarni Jadi Kapolresta Cirebon

Arif berpamitan juga kepada para pengemudi ojek, tukang becak, dan PKL.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Kegiatan pisah sambut Kombes Pol Arif Budiman yang digantikan Kombes Pol Sumarni sebagai kepala Polresta (kapolresta) Cirebon di Markas Polresta Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024).
Foto: Dok Humas Polresta Cirebon
Kegiatan pisah sambut Kombes Pol Arif Budiman yang digantikan Kombes Pol Sumarni sebagai kepala Polresta (kapolresta) Cirebon di Markas Polresta Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON — Suasana haru terasa saat Kombes Pol Arif Budiman berpamitan sebagai kepala Polresta (kapolresta) Cirebon. Posisinya digantikan Kombes Pol Sumarni.

Pisah sambut Kapolresta Cirebon digelar di Markas Polresta (Mapolresta) Cirebon, Jawa Barat, Kamis (11/1/2024). Arif beserta istrinya, Tia Arif Budiman, berpamitan dengan menyalami para personel Polresta Cirebon, didampingi Sumarni.

Baca Juga

Selanjutnya, Arif berjalan menuju pintu gerbang keluar Mapolresta Cirebon diantar Sumarni dan didampingi jajaran pejabat utama Polresta Cirebon, dengan diiringi parade pedang pora.

Setelah naik ke dalam mobil yang telah dipersiapkan, Arif tiba-tiba turun kembali. Ia kemudian berjalan untuk menemui para pengemudi ojek pangkalan, tukang becak, juga para pedagang kaki lima (PKL), yang berada di seberang Mapolresta Cirebon.

 

Arif menyalami satu per satu pengemudi ojek, tukang becak, dan PKL. Ia berpamitan dan menyampaikan terima kasih atas dukungan yang diberikan selama menjabat sebagai kapolresta Cirebon sejak Juni 2021.

Setelah menjalankan tugas menjadi kapolresta Cirebon, Arif dipindah menjadi Analis Kebijakan Madya Bidang Pembinaan Karier (Binkar) Staf Sumber Daya Manusia (SSDM) Polri, dalam rangka mengikuti pendidikan Sekolah Staf dan Pimpinan Tinggi (Sespimti) Polri Pendidikan Reguler (Dikreg) ke-33 Tahun Anggaran (TA) 2024.

Arif menyampaikan terima kasih kepada keluarga besar Polresta Cirebon atas dukungan dan bantuan yang diberikan selama dirinya mengemban amanah sebagai kapolresta Cirebon. Ia menyebut Polresta Cirebon merupakan salah satu tim terbesar yang pernah diikutinya selama bertugas sebagai anggota Polri. Ia mengaku merasa sangat terhormat diberikan kesempatan untuk memimpin tim sebesar Polresta Cirebon.

“Kami juga menghaturkan maaf apabila ada tutur kata maupun perbuatan yang pernah menyinggung, baik yang disengaja atau tidak disengaja. Tetapi ini semua tidak lain demi kebaikan organisasi Polri dan khususnya Polresta Cirebon,” kata Arif.

Jabatan kapolresta Cirebon kini diemban Kombes Pol Sumarni, yang sebelumnya bertugas sebagai wakil kapolres Metro Bekasi. Sumarni mengaku merupakan kehormatan dan kebanggaan bisa menjadi bagian dari keluarga besar Polresta Cirebon. Terlebih, ia melanjutkan kepemimpinan Arif, yang telah menorehkan banyak prestasi.

“Ini menjadi tantangan kita untuk mempertahankan prestasi tersebut. Kami memohon doa dan dukungan dari seluruh personel Polresta Cirebon, sehingga bisa bersama-sama melanjutkan dan mempertahankan jejak prestasi beliau,” ujar Sumarni.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement