Senin 15 Jan 2024 09:55 WIB

Ratusan Orang Meriahkan Tasik Baseuh, Angkat Potensi Wisata Sungai Ciwulan

Kegiatan Tasik Baseuh juga untuk mengajak masyarakat mencintai sungai.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Para peserta kegiatan Tasik Baseuh arung jeram di aliran Sungai Ciwulan, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Ahad (14/1/2024).
Foto:

Ivan pun berharap adanya aktivitas pariwisata di Sungai Ciwulan dapat makin meningkatkan kepedulian masyarakat dalam menjaga kebersihan dan melestarikan sungai. Ketika kondisinya bersih, Sungai Ciwulan dinilai dapat menjadi potensi wisata yang besar, yang bisa memberikan dampak ekonomi untuk masyarakat sekitar. 

Kepala Dinas Pemuda Olahraga Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Tasikmalaya Deddy Mulyana mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan Tasik Baseuh yang mengangkat potensi wisata arung jeram di Kota Tasikmalaya. Menurut dia, dinasnya akan berupaya mendorong pengelolaan potensi wisata itu.

“Kami akan memikirkan skenario pengelolaan ke depan, bekerja sama dengan investor atau pengelola jasa wisata, kalau di Tasikmalaya ada potensi arung jeram yang bisa dimanfaatkan. Jadi, bisa menjadi destinasi wisata prioritas,” kata Deddy.

Menurut Deddy, pihaknya juga akan melibatkan masyarakat untuk mengembangkan potensi wisata di wilayah masing-masing. Dengan begitu, wisatawan yang datang ke Kota Tasikmalaya, khususnya ke Kawalu, dapat memiliki alternatif lain, selain arung jeram. “Kami akan libatkan masyarakat sekitar untuk pengembangan di wilayah masing-masing. Kalau saat ini kan di Kawalu sudah ada arung jeram dan wisata off-road,” kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement