Selasa 16 Jan 2024 08:13 WIB

Sepekan Sorlip di Majalengka, Ditemukan 230 Surat Suara Rusak

KPU Majalengka menyebut jenis kerusakan surat suara berbagai macam.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
Proses sortir dan lipat (sortir) surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).
Foto: Dok Diskominfo Kabupaten Majalengka
Proses sortir dan lipat (sortir) surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (9/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, MAJALENGKA — Proses sortir dan lipat (sorlip) surat suara Pemilu 2024 di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, sudah berjalan sepekan, sejak dimulai pada Selasa (9/1/2024). Dari hasil penyortiran ditemukan 230 lembar surat suara mengalami kerusakan.

Ketua KPU Kabupaten Majalengka Teguh Fajar Putra Utama mengatakan, kerusakan ditemukan pada surat suara untuk pemilu anggota DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) IX Jawa Barat. “Jenis kerusakannya bermacam-macam,” ujar dia, Senin (15/1/1024).

Baca Juga

Menurut Teguh, jenis kerusakannya, antara lain surat suara robek, logo partai agak pudar, nama calon anggota legislatif (caleg) kurang jelas, dan foto caleg yang buram. Selain itu, hasil cetakan tidak merata, tulisan yang tidak jelas dan tidak terbaca, serta terdapat banyak noda. 

Ada pula surat suara yang warna penandanya tidak sesuai, warna logo partai politik tidak jelas, warna lambang partai tidak sesuai keputusan KPU, dan logo KPU yang tidak jelas. Tidak menutup masih ditemukan surat suara yang rusak karena proses sorlip masih berjalan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement