Kamis 18 Jan 2024 17:01 WIB

Kesaksian Pegawai Saat Genset di Basemen Pasar Baru Meledak: Keluar Asap Hitam

Gardu genset mengeluarkan asap hitam pekat dan tidak lama berselang meledak.

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Basement Pasar Baru Bandung alami kebakaran, Kamis (18/1/2024) sore. Para pengunjung dan pedagang berhamburan keluar.
Foto: Republika/M Fauzi Ridwan
Basement Pasar Baru Bandung alami kebakaran, Kamis (18/1/2024) sore. Para pengunjung dan pedagang berhamburan keluar.

REPUBLIKA.CO.ID,BANDUNG----Sebuah gardu genset meledak di basemen Pasar Baru Kota Bandung, Kamis (18/1/2024) sekitar pukul 13.00 WIB. Akibatnya, para pedagang, pengunjung berhamburan keluar basemen untuk menyelamatkan diri.

Salah seorang pegawai di Pasar Baru Kota Bandung Aam Deni mengaku tengah berada di basemen Pasar Baru untuk melakukan penagihan. Namun, tiba-tiba ia melihat gardu genset mengeluarkan asap hitam pekat dan tidak lama berselang meledak.

Baca Juga

"Awalnya ada asap dari ruangan genset gak langsung meledak selang beberapa menit meledak," ujar Aam di Pasar Baru, Kamis (18/1/2024).

Saat genset meledak, Aam mengatakan kondisi di basemen tengah ramai pengunjung. Namun, ledakan tersebut tidak menyebabkan adanya korban pengunjung. "Lagi jam sibuk gak kena ke orang, gardu genset di ruangannya, asapnya keluar gak kena kios lain," katanya.

Menurut Aa, mayoritas pedagang dan pengunjung langsung mengamankan diri masing-masing. Sebagian pedagang berusaha memadamkan ledakan dari genset tersebut. "Saya panik langsung keluar ngamanin diri dan motor. Kebanyakan mengamankan diri," kata dia.

Setelah berupaya dipadamkan, kata dia, tidak lama berselang petugas dinas kebakaran datang dan berusaha memadamkan api. Ia sendiri tidak jadi untuk melakukan penagihan.

"Tadinya mau penagihan cuma gak jadi boro-boro miikirin penagihan kita mengamankan diri," katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement