Rabu 24 Jan 2024 20:45 WIB

Atasi Rob di Eretan, Pemerintah Bangun Tanggul Pantai

Banjir rob itu terus datang setiap kali gelombang laut sedang tinggi di Eretan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengecek langsung penanganan bencana rob di Eretan, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/1/2024).
Foto: Dok Republika
Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengecek langsung penanganan bencana rob di Eretan, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/1/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU----Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto mengecek langsung penanganan bencana rob di Eretan, Kabupaten Indramayu, Rabu (24/1/2024). Airlangga datang didampingi oleh Wakil Ketua DPR RI, Lodewijk Freidrich Paulus, Ketua Harian DPD Golkar Jabar, Daniel Mutaqien Syafiuddin, serta sejumlah anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Dave Akbarshah Firkarno dan Ace Hasan Syadzily.

Untuk menanggulangi bencana rob itu, pemerintah sedang membangun tanggul pantai atau kontruksi L-shape. ‘’Ini untuk mengatasi bencana Rob di Eretan,’’ ujar Airlangga.

Baca Juga

Ada sepanjang 1.510 meter tanggul pantai yang dibangun dengan menggunakan anggaran tahun 2020-2023 di Desa Eretan Kulon, Kecamatan Kandanghaur, Indramayu. Sementara di tahun 2024, akan dibangun sepanjang 650 meter.

Pemerintah juga membangun pemecah gelombang di pantai Eretan Wetan sepanjang 320 meter di tahun 2023 dan sepanjang 630 meter di tahun 2024. Selain tanggul pantai, pemerintah juga membangun sub folder di bibir pantai kedua desa tersebut.

Diketahui, bencana banjir rob ini memang menjadi hal yang terus menghantui warga di Eretan Indramayu. Banjir rob itu terus datang setiap kali gelombang laut sedang tinggi. Akibatnya, ribuan rumah terendam banjir hingga masuk ke dalam rumah. Kondisi yang sama juga terjadi pada sejumlah fasilitas umum seperti sekolah, masjid, dan lain sebagainya.

Ketinggian banjir rob pun beragam. Rata-rata tinggi banjir rob apabila terjadi pasang air laut bisa mencapai kurang lebih 60 centimeter. ‘’Semoga bencana ini bisa diatasi,’’ ujar dia.

Pada kesempatan sama, Airlangga juga menyalurkan KUR kepada nelayan di Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Eretan Kulon. Sementara itu, tokoh masyarakat setempat, Daniel Mutaqien Syafiuddin mengucap terima kasih atas pembangunan tanggul pantai tersebut.

 

Daniel berharap, pembangunan tersebut bisa mengatasi bencana yang selama ini menghantui warga Eretan. ‘’Kita ketahui bersama bencana rob ini terus terjadi dan sangat menganggu aktivitas warga. Semoga ini bisa menjadi solusi untuk warga,’’ katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement