Kamis 25 Jan 2024 13:01 WIB

Warga Kuningan Kaget Temukan Ular Kobra Jawa di Troli Bayi

Agus yang merasa takut kemudian menyuruh istrinya segera menghubungi petugas Damkar

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Seekor ular kobra ditemukan di rumah warga (Ilustrasi)
Foto: Dok. Damkar Kabupaten Kuningan
Seekor ular kobra ditemukan di rumah warga (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN--- Seekor ular Kobra Jawa (Naja sputatrix) dilaporkan masuk ke rumah seorang warga Blok Kliwon, Desa Sindangagung, Kecamatan Sindangagung, Kabupaten Kuningan. Petugas pemadam kebakaran pun diterjunkan untuk mengevakuasi ular yang memiliki bisa tinggi (High venom) tersebut.

Keberadaan hewan melata itu pertama kali diketahui oleh pemilik rumah, Agus (26). Saat itu, dia baru keluar kamar mandi dan melihat seekor ular di atas troli bayinya. Ular kemudian masuk ke kolong bawah meja.

Baca Juga

Agus yang merasa takut kemudian menyuruh istrinya segera menghubungi petugas Damkar untuk menangkap ular tersebut. Petugas Damkar yang menerima informasi itupun segera meluncur ke lokasi kejadian.

‘’Setelah dilakukan pencarian, petugas kami akhirnya berhasil menemukan dan mengevakuasi ular Kobra Jawa yang memiliki panjang sekitar satu meter tersebut,’’ ujar Kepala UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan, Andri Arga Kusumah, Kamis (25/1/2024).

 

Andri menjelaskan, ada sejumlah tips untuk mencegah ular masuk ke dalam rumah. Di antaranya, bersihkan perkarangan rumah dan hindari menumpuk barang-barang yang sudah tidak terpakai.

Selain itu, kata Andri, warga diminta untuk mengusir hewan yang menjadi mangsa ular, seperti tikus, dan tempatkan hewan peliharaan di tempat aman. Tak hanya itu, semprotkan pengharum rumah dan pakai kapur barus atau bahan aroma yang wangi, yang akan menggangu sensor penciuman ular dalam mencari mangsa. Sehingga ular tidak akan masuk ke dalam rumah.

‘’Jika ada lubang, maka isi lubang dengan benda padat sehingga mencegah masuknya ular ke dalam rumah,’’ kata Andri. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement