Senin 29 Jan 2024 12:11 WIB

Tim SAR Temukan 13 Pendaki Tersesat di Gunung Pangrango, Semua Selamat

Sebanyak 13 pendaki itu dilaporkan tersesat pada Ahad pagi.

Rep: Bayu Adji Prihammanda/ Red: Arie Lukihardianti
Pendaki tersesat (Ilustrasi)
Foto: Dok. Tagana Kabupaten Tasikmalaya.
Pendaki tersesat (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR -- Tim SAR gabungan berhasil menemukan 13 pendaki yang dilaporkan tersesat di Gunung Pangrango, Kabupaten Bogor, pada Ahad (28/1/2024). Seluruh pendaki itu ditemukan dalam kondisi selamat. Humas Kantor SAR Jakarta Ramli Prasetio mengatakan, ketiga pendaki itu ditemukan di Blok Pasir Pogor, Cibedug, Kabupaten Bogor. Saat ini, ketiga belas pendaki itu masih dalam perjalanan ke bawah.

"Alhamdulillah sudah diketemukan selamat semua," ujar Ramli saat dikonfirmasi Republika, Senin (29/1/2024) siang.

Baca Juga

Sebelumnya, sebanyak 13 pendaki itu dilaporkan tersesat pada Ahad pagi. Ketiganya dilaporkan dalam perjalanan menuju Gunung Pangrango melalui jalur Kulah Dua, Cibedug, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor.

Sebanyak 13 pendaki itu dilaporkan berangkat mendaki sejak Sabtu (27/1/2024) sekitar pukul 16.00 WIB. Namun, di tengah perjalanan, para pendaki itu tersesat. Satu di antara pendaki melaporkan bahwa rombongan tersesat di sekitar Gunung Pangrango. 

Berdasarkan informasi yang dihimpun, rombongan itu terbagi menjadi dua kelompok, yang masing-masing terdiri atas 10 orang dan tiga orang. Rombongan itu diketahui hendak menuju petilasan untuk ziarah.

Dari informasi Balai Besar Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, pendakian ke kawasan itu sebenarnya ditutup sejak 31 Desember 2023 hingga 31 Maret 2024. Penutupan dilakukan karena kondisi cuaca ekstrem dan dalam rangka pemulihan ekosistem kawasan tersebut. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement