Sabtu 10 Feb 2024 06:27 WIB

BMKG Bandung Prakirakan Cuaca Cerah Saat Hari Pencoblosan

Pada awal Februari, seluruh wilayah Bandung Raya memasuki musim hujan.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Friska Yolandha
Petugas mengukur curah hujan menggunakan alat penakar hujan di halaman Kantor BMKG Bandung, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). BMKG Prakirakan hari pencoblosan cerah.
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Petugas mengukur curah hujan menggunakan alat penakar hujan di halaman Kantor BMKG Bandung, Bandung, Jawa Barat, Senin (18/12/2023). BMKG Prakirakan hari pencoblosan cerah.

REPUBLIKA.CO.ID, Bandung -- Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan cuaca pagi dan siang hari saat hari pencoblosan tanggal 14 Februari di Bandung Raya relatif cerah dan berawan. Namun, pada malam hari relatif akan terjadi hujan ringan.

"Prakiraan cuaca tanggal 14 Februari pukul 07.00 WIB keadaan cuaca cerah, pukul 13.00 WIB keadaan cuaca cerah berawan dan malam hujan ringan," ucap Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu, Sabtu (10/2/2024).

Baca Juga

Ia mengatakan awal Februari tahun 2024 seluruh wilayah Bandung Raya memasuki musim hujan. Potensi hujan yang terjadi mulai dari ringan, lebat hingga disertai petir dan angin kencang.

"Puncak musim hujan di wilayah Jawa Barat diperkirakan pada Januari hingga Maret 2024," kata dia.

Sedangkan di wilayah Bandung Raya, puncak musim hujan diperkirakan akan terjadi pada Februari hingga Maret tahun 2024 dengan sifat hujan normal. BMKG mengimbau masyarakat waspada terhadap terjadinya potensi dampak cuaca ekstrem yang terjadi di musim hujan.

"Seperti hujan dengan intensitas ringan hingga lebat  yang disertai petir, kilat dan  angin kencang, potensi angin puting beliung dan potensi hujan es  yang dapat mengakibatkan bencana," kata dia.

Dampak bencana yang dapat ditimbulkan yaitu genangan, banjir, tanah longsor, pohon tumbang, serta dampak kerusakan lainnya. Mereka yang tinggal di wilayah pegunungan atau rawan longsor agar tetap waspada.

"Khusus untuk daerah bertopografi curam, bergunung atau rawan longsor agar tetap waspada pada kejadian hujan dengan intensitas ringan hingga sedang yang terjadi selama beberapa hari," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement