Rabu 14 Feb 2024 17:28 WIB

Pj Gubernur Bey Pantau Pencoblosan ke TPS Rutan Kebonwaru

Jumlah penghuni Rutan Kelas 1 Bandung saat ini yaitu 1.659 orang

Pj Gubernur Bey bersama jajaran Forkopimda Jabar langsung meninjau ke TPS lokasi khusus Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Bandung di Jalan Kebonwaru.
Foto: Dok Humas Pemprov Jabar
Pj Gubernur Bey bersama jajaran Forkopimda Jabar langsung meninjau ke TPS lokasi khusus Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Bandung di Jalan Kebonwaru.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Penjabat Gubernur Jawa Barat (Jabar) Bey Machmudin meninjau proses pemungutan suara Pemilu 2024 ke sejumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Bandung, Rabu (14/2/2024). Selepas menggunakan hak pilihnya, Bey bersama jajaran Forkopimda Jabar langsung meninjau ke TPS lokasi khusus Rumah Tahanan Negara Kelas 1 Bandung di Jalan Kebonwaru.

Bey datang untuk memastikan para penghuni rutan dapat menyuarakan hak pilihnya walaupun sedang menjalani hukuman. Hal ini tertuang dalam UU Nomor 23/2022 tentang Pemasyarakatan, bahwa narapidana memiliki hak-hak lain yang meliputi hak memilih, hak politik, dan hak keperdataan lainnya.

Baca Juga

Di dalam area Rutan Kelas 1 Bandung Bey melihat proses pemungutan suara di TPS 9-1 dan 9-2. Tampak sejumlah narapidana tertib menggunakan hak pilihnya. Lima jenis surat suara yang dicoblos yaitu capres-cawapres, caleg DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kota, dan DPD RI. TPS 9-1 dan 9-2 pun cukup unik karena bernuansa warna pink dengan hiasan berbentuk hati.

Jumlah penghuni Rutan Kelas 1 Bandung saat ini yaitu 1.659 orang. Sedangkan total penghuni 33 Rutan dan lapas se-Jabar berjumlah 24.773 orang yang hari ini serentak melakukan pemungutan suara.

Setelah meninjau pemungutan suara di TPS lokasi khusus Rutan Kelas 1 Bandung, Bey kemudian meninjau pemungutan suara di TPS 09 dan 10 Jalan Cicendo, kemudian ke TPS lokasi khusus Rumah Sakit Santosa Kota Bandung.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement