Rabu 21 Feb 2024 19:02 WIB

Tak Hanya di Rancaekek, Angin Puting Beliung Porak Porandakan Rumah di Sumedang

Angin juga, menerjang beberapa rumah warga di Perumahan Ratu Bilqis 7 Jatinangor

Tangkapan layar rekaman video yang memperlihatkan angin puting beliung merusak sejumlah bangunan, kendaraan dan pohon di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024).
Foto: Dok republika
Tangkapan layar rekaman video yang memperlihatkan angin puting beliung merusak sejumlah bangunan, kendaraan dan pohon di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung, Rabu (21/2/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---- Peristiwa bencana alam puting beliung turut memporak-porandakan rumah warga di Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2/2024). Berdasarkan data sementara, ada dua kecamatan yang turut terdampak dari peristiwa ini. 

Dari beberapa video yang beredar, angin puting beliung turut membuat beberapa kendaraan di  PT Dwipapuri Abadi tepatnya Jalan Raya Rancaekek Km 24.5, Mangunarga, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, berjatuhan. 

Baca Juga

Terlihat ada tiga buah truk yang turut terguling. Selain itu, angin puting beliung juga merusak rumah warga di Jalan Cibungur, Kecamatan Jatinangor. Angin juga, menerjang beberapa rumah warga di Perumahan Ratu Bilqis 7, Cinta Mulya, Kecamatan Jatinangor. 

Pranata Humas, BPBD Provinsi Jawa Barat, Hadi Rahmat mengatakan, peristiwa ini terjadi pada Pukul 16.00 WIB. Menurutnya, ada beberapa bangunan yang mengalami kerusakan dari peristiwa ini.  "Dampak Sementara depan PT Kwalram, Kawasan Industri Dwipapuri. Kemudian depan Borma Rancaekek, Asrama Polda Brimob Jabar, dan depan Indomaret Eston Jatinangor," ujar Hadi saat dikonfirmasi.

Saat ini, kata Hadi, anggota BPBD Jawa Barat bersama Pemkab Sumedang tengah melakukan penanganan di lokasi kejadian guna memberinya penanganan dan pendataan objek yang terdampak.

"BPBD Provinsi Jawa Barat berkoordinasi dengan BPBD Kab Sumedang, dan kini sedang melakukan assesment," katanya.

Sebelumnya, Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin langsung menuju lokasi bencana angin puting beliung disertai hujan deras yang menerjang Kawasan Rancaekek-Jatinangor, Rabu (21/2/2024). Agar bisa lebih cepat sampai di lokasi, Bey bahkan menggunakan motor bukan mobil dinasnya.

Bey yang sedang dalam perjalanan pulang dari Kota Banjar, langsung mengecek lokasi terparah bencana tersebut. "Saya ke lokasi ini," ujar Bey kepada wartawan saat dihubungi.

Upaya Bey menuju lokasi bencana sendiri mengalami kendala karena Jalan Raya Rancaekek-Bandung mengalami kemacetan padat akibat kawasan tersebut disapu puting beliung. "Saya naik motor," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement