Kamis 22 Feb 2024 15:26 WIB

Petani Kopi Wanoja Jabar Ekspor 7 Ton Kopi Arabika Senilai Rp 1,4 Miliar ke Arab Saudi

Kegiatan ekspor ini mejadi langkah penting untuk mengakselerasi pertumbuhan ekonomi

Pelepasan ekspor kopi kelompok tani Wanoja di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung, Kamis (22/2/2024)
Foto: Dok Republika
Pelepasan ekspor kopi kelompok tani Wanoja di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung, Kamis (22/2/2024)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--- Kelompok Tani Kopi Wanoja Jawa Barat (Jabar) mengekspor kopi secara langsung ke Arab Saudi, Kamis (22/2/2024). Ekspor biji kopi Arabika hasil produksi Kelompok Tani Wanoja Jabar sebesar 7 ton itu senilai 72.705 dolar AS atau sekitar Rp1,4 miliar. 

Pelepasan ekspor dilakukan di Megarama Taka Hydrocore Gedebage, Kota Bandung. Ini, menjadi prestasi tersendiri dari Kopi Wanoja Jabar yang untuk pertama kalinya berhasil melakukan ekspor secara mandiri, sekaligus menjadikan Kelompok Tani Wanoja menjadi agregator ekspor kopi Jabar. 

Baca Juga

Plh Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jabar Bambang Pramono mengapresiasi langkah Kelompok Tani Wanoja yang berhasil melakukan ekspor secara mandiri. Kegiatan ekspor ini merupakan langkah penting guna mengakselerasi pertumbuhan ekonomi Jabar yang tercatat sebesar 5 persen atau sedikit berada di bawah nasional 5,05 persen. Sejalan dengan pangsa ekspor yang tinggi sebesar 55,55 persen, capaian ekspor kopi ini diyakini mampu menjadi sumber pertumbuhan ekonomi Jabar. 

"Bank Indonesia mendukung pengembangan klaster kopi Jawa Barat, juga melakukan berbagai program penguatan klaster kopi sisi hulu, di antaranya bantuan teknis pelatihan budi daya, pemanfaatan pupuk MA-11, Q-Grader hingga pemanfaatan teknologi Ceritech," ujar Bambang Pramono. 

Selain itu, kata dia, Bank Indonesia turut mendukung pengembangan komoditas kopi sisi hilir melalui business matching pembiayaan dan pemasaran, fasilitasi sertifikasi SNI dan Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP) hingga perluasan pasar dalam negeri maupun luar negeri melalui ajang promosi perdagangan. 

Melalui program pengembangan klaster hulu-hilir tersebut, kata dia, tercatat berhasil mendukung perluasan pasar kopi Jabar hingga ke berbagai negara di Asia, Australia, Eropa hingga Amerika. Pada akhirnya, berbagai upaya tersebut turut mendorong pertumbuhan ekonomi Jawa Barat. 

"Kami berharap, kesuksesan kopi Wanoja dapat menginspirasi hingga menciptakan UMKM sukses ekspor lainnya untuk mendorong pertumbuhan ekonomi sekaligus mengentaskan kemiskinan di Jabar," katanya.

Di tempat yang sama, Kepala Bidang Usaha Kecil Dinas KUK Jabar Ucup Yusuf mengatakan,  pelepasan ekspor kopi Wanoja ke Arab Saudi ini menandai kualitas kopi Jawa Barat semakin diakui dunia. Jabar yang merupakan salah satu produsen kopi terbesar di Indonesia ini turut memberikan andil pada capaian ekspor kopi, yang pada 2022 menempati peringkat ke-13 dunia dengan market share mencapai 2,5 persen terhadap total ekspor kopi dunia. 

Capaian tersebut, kata dia, merupakan buah dari sinergi dan kolaborasi Pemdaprov Jabar bersama Bank Indonesia serta stakeholders terkait lainnya yang telah memberikan komitmen terbaiknya melalui pemberdayaan sektor riil klaster kopi. 

"Tentunya sinergi dan kolaborasi ini akan terus semakin diperkuat dalam rangka mendorong baik komoditas kopi maupun komoditas lainnya untuk diekspor guna meningkatkan kesejahteraan petani serta mendukung pertumbuhan ekonomi Jabar yang berkelanjutan," kata Ucup Yusuf. 

Ketua Kelompok Tani Kopi Wanoja Eti Sumiati mengatakan, sebelumnya ekspor kopi dilakukan melalui eksportir. Namun, dengan bimbingan Bank Indonesia dan Pemdaprov Jabar, kelompok taninya dapat melakukan ekspor langsung. 

"Sebelumnya kirim 2 sampai 3 ton ke negara lain, nitip,  tapi sekarang 7 ton bisa kirim langsung ke Arab Saudi," kata Eti. 

Menurut Eti, Kelompok Tani Kopi Wanoja mendapatkan pasar kopi di luar negeri setelah beberapa kali mengikuti pameran di luar negeri atas inisiasi dari BI dan Pemdaprov Jabar. 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement