Selasa 05 Mar 2024 21:43 WIB

Antara Jakarta dan Philadelphia: Kisah Pengembaraan Mahasiswi Sastra Jepang di Amerika

Dalam buku ini dibagikan kiat dan tips dari seorang mahasiswa penerima awardee IISMA

Buku Antara Jakarta dan Philadelphia, karya Thalia Franceska Prasetyo.
Foto: Dok Republika
Buku Antara Jakarta dan Philadelphia, karya Thalia Franceska Prasetyo.

REPUBLIKA.CO.ID, Ada banyak kisah inspiratif dari berbagai mahasiswa Indonesia yang menimba ilmu di luar negeri. Mulai dari Timur Tengah, Eropa, hingga Amerika. Salah satu kisah yang menjadi inspirasi ada dalam buku Antara Jakarta dan Philadelphia, karya Thalia Franceska Prasetyo. Buku ini merawikan tentang pengembaraan akademik dan non-akademiknya selama berkuliah di University of Pennsylvania (UPenn), Philadelphia, AS.  

Melalui program beasiswa IISMA, sepanjang semester musim gugur pada Agustus hingga akhir Desember 2022, Thalia berkuliah di UPenn. Di Philadelphia, selain menuntut ilmu di salah satu kampus paling prestisius di AS yang masuk ke dalam daftar Ivy League, Thalia juga melebur dalam kehidupan non-akademik. Ia  mendapatkan banyak pengalaman berharga yang membuatnya terinspirasi untuk menulis buku Antara Jakarta dan Philadelphia.

Dalam buku Antara Jakarta dan Philadelphia, Thalia membagikan pengalaman, informasi, ilmu pengetahuan, kiat, dan juga tips yang ditulis berdasarkan kisah kehidupan seorang awardee IISMA. Thalia berharap buku tersebut dapat membantu para mahasiswa yang akan mendaftar program beasiswa IISMA untuk membekali diri dengan persiapan yang lebih baik sambil menikmati bacaan yang memancing gagasan dan kreativitas.

Buku 12 bab setebal 250 halaman itu disampaikan dengan gaya bertutur yang mengalir, diperkaya dengan foto-foto eye catching dan ilustrasi unik yang didesain khusus pada setiap bab. Thalia Franceska Prasetyo lahir di Jakarta, 11 Mei 2002. Ia berlatih menulis sejak duduk di bangku sekolah dasar dengan menuangkan gagasan dan pengalamannya di blog.

Selain produktif dalam menulis, gadis berdarah Jawa-Sunda ini juga aktif dalam organisasi ekstrakurikuler. Ia menjabat sekretaris pada organisasi Paduan Suara Mahasiswa UI, Paragita. Thalia juga berperan dalam forum Foreign Policy Community of Indonesia Chapter Universitas Indonesia (FPCI Chapter UI) dan Himpunan Mahasiswa Japanologi (HIMAJA) - FIB UI.

Thalia meraih predikat Summa Cum Laude dan menjadi lulusan terbaik Program Studi (Prodi) Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB), Universitas Indonesia (UI). Buku Antara Jakarta dan Philadelphia berisi kisah dan kiat sukses mengikuti program beasiswa Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).

Buku yang diluncurkan di sela-sela acara Wisuda Program Sarjana dan Vokasi UI yang berlangsung di Balairung, UI, Kampus Depok, Jawa Barat, Jumat (1/3/2024) itu ditulis berdasarkan kisah nyata, setelah ia mengikuti kuliah di University of Pennsylvania (UPenn), Philadelphia, AS. Dalam peluncurannya, Thalia secara simbolis menyerahkan karya tersebut kepada Ketua Program Studi (Kaprodi) Jepang, FIB, UI, Dr Filia, S.S, M.Si.

Menurut Thalia, buku tersebut merupakan persembahannya kepada almamater tercinta, Universitas Indonesia, khususnya Prodi Jepang UI. “Hari wisuda ini adalah saat yang tepat bagi saya untuk memberikan sesuatu, sebagai salah satu bentuk give back kepada almamater. Melalui Kaprodi Jepang, yang selama saya menuntut ilmu, berada di bawah asuhan beliau, Sensei Filia, penyerahan buku ini menjadi simbol ucapan terima kasih saya kepada Prodi Jepang UI,” ungkap Thalia dalam pesannya yang diterima Republika.

photo
Thalia Franceska Prasetyo secara simbolis menyerahkan buku Antara Jakarta dan Philadelphia kepada Ketua Program Studi (Kaprodi) Jepang, FIB, UI, Dr Filia, S.S, M.Si. - (Dok Republika)

Kaprodi Jepang, FIB, UI menyambut hangat penyerahan buku dari Thalia tersebut. Keduanya kemudian bersalaman dan berpose bersama.

Dr Filia menyatakan bangga dan gembira  atas penyerahan buku dari Thalia itu. Ia menilai mahasiswi Angkatan 2020 tersebut telah menghasilkan karya intelektual yang berkualitas. “Saya sangat mengapresiasi. Buku ini merupakan hadiah yang membanggakan. Saya gembira dan merasa surprise mendapatkan hadiah luar biasa ini …..,” kata doktor bidang linguistik Jepang itu.

Thalia sendiri merupakan salah satu dari ribuan mahasiswa program S-1 dan Vokasi UI yang diwisuda pada Jumat, 1 Maret 2024. Thalia merih gelar Sarjana Humaniora (S. Hum) dengan predikat summa cum laude, setelah menempuh perkuliahan selama 7 semester dan Indeks Prestasi kumulatif 3,93.  

Sebelumnya, di bawah bimbingan Didit Dwi Subagio, M. Hum, Thalia menulis tugas akhir berjudul Adaptasi Elemen Sejarah Jepang pada Karakter dan Cerita Negara Inazuma dalam Gim Genshin Impact. Tugas akhir tersebut dipertahankan secara akademis oleh Thalia di depan Dewan Penguji dengan ketua Prof Dr Bambang Wibawarta, SS., MA dan anggota Citra Rindu Prameswari, M. Hum serta Didit Dwi Subagio, M. Hum pada 9 Januari 2024.

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement