Jumat 08 Mar 2024 10:07 WIB

PWI Jabar Gelar OKK Perdana 2024

Minat wartawan menjadi anggota PWI cukup tinggi

PWI Jabar Gelar OKK Perdana 2024 di Aula PWI Jabar, Kamis (7/3/24).
Foto: Istimewa
PWI Jabar Gelar OKK Perdana 2024 di Aula PWI Jabar, Kamis (7/3/24).

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Jawa Barat merespons minat wartawan yang ingin bergabung dalam organisasi PWI dengan menggelar Orientasi Kewartawanan dan Keorganisasian (OKK) di Aula PWI Jabar, Kamis (7/3/24). OKK merupakan salah satu prosedur bagi wartawan untuk menjadi anggota PWI.

Kegiatan OKK 2024 merupakan buah kolaborasi antara PWI Jabar, Bank BJB dan Bank BJB Syariah. Selain dibekali materi terkait keorganisasian dari Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jabar Ahmad Syukri, peserta OKK juga dibekali materi menarik lainnya. Di antaranya Pengenalan Rambu-rambu Pers, Teknik Menulis Berita, Kode Etik Jurnalistik, serta Transormasi Media dan Tantangan Wartawan di Era Digital. 

Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat mengungkapkan, kegiatan OKK digelar sebagai respons terhadap tingginya minat wartawan untuk bergabung sebagai anggota PWI. Kata dia OKK juga menjadi bagian dari proses bagi calon anggota yang ingin bergabung ke PWI.

‘’Pilihan menjadi anggota PWI merupakan jalan kebaikan dalam meningkatkan profesionalitas,’’ ujarnya. Diakui Hilman, saat ini tantangan dunia wartawan sangatlah besar. Untuk itu, lanjut dia, wartawan yang tidak meningkatkan profesionalitas akan tertinggal di era super digital ini.

Pihaknya berpesan kepada para peserta OKK untuk menjaga marwah dan nama baik PWI.Lalu, dirinya juga mengajak para peserta untuk bersama-sama memajukan organisasi dan memberikan kontribusi nyata, sekecil apapun demi kemajuan organisasi.

Wakil Ketua Bidang Organisasi PWI Jabar yang juga Ketua Panitia Penyelenggara OKK Ahmad Syukri menambahkan, setelah OKK, dalam waktu dekat, tepatnya bulan Juni 2024, PWI Jabar akan menggelar kegiatan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) fasilitas Dewan Pers.

‘’Untuk teman-teman yang ingin mengikuti UKW secara gratis ini, dapat menghubungi PWI Jawa Barat.  Terutama untuk teman-teman yang nanti lulus OKK, maupun teman-teman lainnya yang sudah memenuhi syarat dapat segera mendaftarkan diri karena kuotanya terbatas,’’ tutur Ari sapaan akrabnya Ahmad Syukri.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement