Selasa 19 Mar 2024 13:50 WIB

Lapangan Gasibu Jadi Salah Satu Tempat Favorit Ngabuburit Warga Bandung

Banyak warga Bandung yang ngabuburit dengan berlari atau sekedar jalan kaki.

Rep: Magang06/ Red: Arie Lukihardianti
Suasana lapangan Gasibu
Foto: Magang06
Suasana lapangan Gasibu

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Momen bulan Ramadhan selalu khas dengan berbagai kegiatan ngabuburit. Masyarakat muslim, banyak yang melakukan berbagai aktivitas untuk menunggu adzan magrib berkumandang. Kegiatan yang dilakukan tersebut, di antaranya dengan berburu takjil, olahraga, atau melakukan berbagai hobi.

Di Lapangan Gasibu, banyak warga Bandung yang ngabuburit dengan berlari atau sekedar jalan kaki mengelilingi Lapangan seluas 6000 m² itu. Selain itu, ada juga warga yang terlihat sekadar duduk bersantai di sore hari menikmati keramaian di area Gasibu.

Baca Juga

"Emang karena pengen lari aja sih, pengen olahraga aja gitu makanya ke sini. Sebenarnya asalnya kan dari Jatinangor kan, karena pengen olahraga aja gitu ke sini ngabuburitnya," ujar Tiara (19), salah satu pengunjung Gasibu kepada Republika, Senin petang (18/3/2024).

Bagi Tiara, lapangan Gasibu memiliki suasana yang berbeda dibanding tempat lari lainnya yang pernah ia temui. Jadi, ia sering pergi ke Gasibu untuk sekadar berolahraga 1-2 kali dalam sepekan.

Berbeda dengan Tiara, Vina Wulandari (23) dan Miftahatul (22) justru memilih ngabuburit ke Gasibu karena jaraknya yang dekat dengan kost-kostan mereka. "Pertama deket dari kost, terus kedua jalurnya nyaman gitu," ujar Vina yang disetujui juga oleh kawannya.

Sebelum memasuki bulan puasa, kedua mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) tersebut sudah sering berolahraga di Gasibu 1-2 kali dalam sepekan. Namun, mereka mengeluhkan padatnya orang yang berolahraga di Gasibu. Selain itu, adanya orang yang berlari tidak sesuai trek lari juga menjadi perhatian mereka.

"Padet gak papa sih, cuman kadang harus ada kesadaran gitu kayak trek satu-dua tuh buat pejalan kaki, kalau yg lebih menjorok ke dalam tuh buat pelari gitu," keluh Miftahatul.

Selain itu, kata dia, fasilitas yang ada di Gasibu juga menjadi salah satu pertimbangan bagi warga Bandung untuk mengunjungi tempat ini. Tersedia toilet, tempat penitipan barang, air minum isi ulang, hingga mushola. "Enak untuk tempat lari buat olahraga gitu, di sini udah tersedia fasilitas juga," katanya.

Banyak pakar yang mengatakan, berlari di waktu sore sebelum berbuka puasa merupakan waktu olahraga yang baik dan tepat. Namun, olahraga yang dilakukan tetap tidak boleh berlebihan dan memperhatikan kondisi tubuh.

Salah satu olahraga yang disarankan ketika berpuasa adalah joging. Untuk itu, Lapangan Gasibu merupakan salah satu tempat yang disarankan bagi warga Bandung untuk ngabuburit sambil berolahraga dengan pemandangan Gedung Sate. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement