Selasa 19 Mar 2024 15:18 WIB

Jalur Mudik Krasak-Cikalong Kabupaten Karawang Mulai Diperbaiki

Sejumlah ruas jalan untuk jalur mudik Kabupaten Karawang mengalami kerusakan.

Pekerja bagian pemeliharaan dan perbaikan jalan menambal jalan berlubang di jalur alternatif mudik (ilustrasi).
Foto: ANTARA /Anis Efizudin
Pekerja bagian pemeliharaan dan perbaikan jalan menambal jalan berlubang di jalur alternatif mudik (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, KARAWANG -- Pemerintah Kabupaten Karawang, Jawa Barat, mulai menyiapkan kegiatan perbaikan jalan yang akan digunakan sebagai jalur mudik lebaran pada tahun ini.

"Kegiatan perbaikan jalan yang menjadi wewenang kabupaten akan segera dilakukan," kata Bupati Karawang Aep Syaepuloh di Karawang, Selasa (19/3/2024).

Baca Juga

Ia menyebutkan perbaikan jalan atau jalur mudik yang perbaikannya menjadi wewenang Pemkab Karawang, akan segera dilakukan. Sehingga tidak ada lagi jalan rusak di jalur mudik wilayah Karawang. Menurut dia, untuk perbaikan jalan atau jalur mudik yang rusak atau berlubang, ditargetkan rampung sebelum musim mudik lebaran, atau pada H-10 lebaran.

"Seperti jalan Krasak-Cikalong akan segera diperbaiki," katanya.

Selanjutnya, bupati juga berharap agar perbaikan sejumlah ruas jalan yang merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat segerakan terealisasi. Hal tersebut disampaikan karena cukup banyak keluhan masyarakat tentang kerusakan jalan yang merupakan jalan provinsi atau jalan nasional.

Bupati menyampaikan bahwa sejumlah titik jalan nasional dan jalan provinsi yang mengalami kerusakan di antaranya jalur Pantura. Termasuk beberapa titik jalan yang menjadi akses menuju jalur Pantura, ditemukan ada yang mengalami kerusakan.

Selain itu, jalan provinsi yang perlu diperbaiki ialah jalan Kosambi-Curug yang merupakan jalan alternatif mudik Karawang-Purwakarta-Bandung. Kemudian Jalan Badami-Loji yang merupakan jalur alternatif mudik Karawang-Bogor-Cianjur.

Aep berharap agar masyarakat dapat paham dan mengerti mengenai kewenangan status jalan di wilayah Karawang. Artinya, ada jalan kabupaten, jalan provinsi dan jalan nasional.

"Pemkab juga tidak ingin melihat jalan rusak. Makanya (kalau itu jalan nasional atau jalan provinsi, segera kita upayakan agar proses perbaikan jalan segera dilakukan," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement