Sabtu 13 Apr 2024 08:29 WIB

Selama Arus Mudik Lebaran, Ini Enam Jenis Penyakit yang Ditangani Posko Kesehatan Jabar

Menjelang arus balik, tenaga kesehatan meningkatkan kesiapsiagaan Posko

Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pemudik
Foto: ANTARA/Oky Lukmansyah
Petugas kesehatan memeriksa kesehatan pemudik

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Selama musim mudik lebaran 2024, Provinsi Jawa Barat (Jabar) telah melakukan berbagai antisipasi. Salah satunya, untuk mengantisipasi gangguan kesehatan pemudik, Pemprov Jabar telah menyiapkan  293 posko kesehatan. Posko Kesehatan Jabar tersebut diisi 423 dokter yang siap berjaga selama 24 jam secara bergiliran. 

Selain dokter, di posko juga bersiaga sebanyak 1.981 perawat, 1.375 bidan, 46 tenaga kesehatan tradisional (nakestrad), dan 971 nakes lain. 

Baca Juga

Menurut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Herman Suryatman, selama arus mudik petugas posko menemukan gangguan kesehatan dasar pemudik yang ditangani. Yaitu, sebanyak enam jenis penyakit meliputi gastritis, hipertensi, cephalgia (nyeri kepala), influenza, vulnus laceratum/punctum, dan tension headache. 

Jumlah pengendara yang mendapatkan pelayanan dasar kesehatan sebanyak 18 orang. Yaitu, untuk penanganan gastritis sebanyak enam orang di Kota Bandung dan Kabupaten Tasikmalaya. Sedangkan hipertensi sebanyak empat orang di Kota Bandung dan Kabupaten Pangandaran; dan cephalgia (nyeri kepala) sebanyak satu orang di Kota Bandung. 

Kemudian penanganan influenza sebanyak lima di Kota Bandung, vulnus lapceratum punctum sebanyak satu orang di Kota Bandung dan tension headache sebanyak satu orang di Kota Bandung. 

"Dari enam jenis penyakit yang ditangani  itu paling banyak pemudik mengalami gastritis ada  enam orang," katanya.

Melalui tenaga kesehatan yang berjaga di posko, kata dia, pihaknya selalu mengingatkan dan memberikan edukasi kepada pemudik terkait penyakit yang diderita oleh pemudik atau pelaku perjalanan yang datang ke posko kesehatan. 

Herman  mengungkapkan, menjelang arus balik, tenaga kesehatan meningkatkan kesiapsiagaan posko terutama meningkatkan kewaspadaan dan pengamatan untuk penyakit menular dan penyakit potensial KLB lainnya. 

"Ditingkatkan pula layanan Puskesmas 24 jam pada jalur utama mudik dan balik," katanya. 

Berdasarkan prakiraan BMKG, Herman juga mengingatkan pemudik untuk mengantisipasi kemungkinan hujan deras hari ini, untuk daerah Kabupaten Bekasi, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bogor, Kota Bogor; Kota Bekasi, dan Kota Depok. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement