Kamis 02 May 2024 12:28 WIB

Motif Tersangka Pembunuhan Wanita dalam Koper Diduga Butuh Uang Buat Resepsi Nikah

Korban sedang membawa uang perusahaan dan akan disetorkan ke bank. 

Rep: Ali Mansur/ Red: Arie Lukihardianti
 Petugas melakukan olah tempat kejadian perkara penemuan mayat wanita dalam koper di Kampung Cikedokan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi
Foto: Antara/Pradita Kurniawan Syah
Petugas melakukan olah tempat kejadian perkara penemuan mayat wanita dalam koper di Kampung Cikedokan, Desa Sukadanau, Kecamatan Cikarang Barat, Kabupaten Bekasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Polisi menduga motif tersangka AARN (29 tahun) tega membunuh rekan kerjanya berinisial RM (50 tahun) karena ekonomi untuk menikah. Tidak hanya membunuh, pelaku AARN juga sempat melakukan persetubuhan dengan korban yang sedang membawa uang perusahaan dan akan disetorkan ke bank. 

"Ada motif kebutuhan ekonomi karena pelaku mau menikah. Korban sempat di tubuhi, diambil duitnya. Duit kantor yang mau di setor ke bank,” ujar Kasubdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya AKBP Rovan Richard Mahenu saat dikonfirmasi, Kamis (2/5/2024). 

Baca Juga

Tersangka AARN ditangkap di Palembang di rumah istrinya di Palembang. Diketahui tersangka dengan istrinya telah melakukan akad nikah pada bulan Maret lalu dan rencananya pada tanggal 5 Mei 2024 nanti akan dilaksanakan resepsi pernikahan. Tidak ada perlawanan dari tersangka pada saat tersangka ditangkap karena sudah tidak bisa mengelak lagi.

Namun, kata Rovan, pihaknya masih terus melakukan pendalaman terhadap motif pelaku dengan memeriksa sejumlah saksi dan barang bukti yang ditemukan. Termasuk mencari tahu apakah ada hubungan lain antara tersangka dengan korban selain rekan kerja. Sebelumnya ditemukan tewas di dalam koper, korban dan tersangka sempat terekam masuk ke dalam kamar hotel di Bandung, Jawa Barat (Jabar).

“Sampai saat ini masih di lakukan pemeriksaan terhadap saksi saksi dan di perkuat dengan bukti-bukti yang dikumpulkan oleh penyidik,” kata Rovan. 

Sebelumnya, warga Desa Sukadanau, Cikarang Barat, Bekasi, Jabar dihebohkan dengan penemuan sebuah koper berwarna hitam berisi jasad manusia, Kamis (25/4/2024). Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) dan penyelidikan diketahui mayat dalam koper tersebut adalah seorang wanita berusia 50 tahun berinisial RM. 

“Korban sudah terindentifikasi saudari RM, perempuan usianya 50 tahun, karyawati swasta. Alamatnya di Rancasari Kota Bandung, Jawa Barat," kata Ade Ary

Menurut mantan Kapolres Jakarta Selatan tersebut, koper berisi mayat itu ditemukan oleh seorang petugas keamanan berinisial A ketika hendak membersihkan sampah di lokasi penemuan. Pada saat ditemukan, koper tersebut dalam keadaan terkunci dan tertutup semak belukar, sekitar pukul  08.00 WIB. Saksi sempat memegang koper tersebut dan terasa sangat berat. 

"Kemudian saksi memegang tas tersebut merasa berat, dan curiga dan akhirnya penemuan tersebut ke Polsek Cikarang Barat," kata Ade Ary. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement