Selasa 11 Jun 2024 16:12 WIB

Jelang Idul Adha, Masjid Salman Beri Pelatihan ke 142 Juru Sembelih DKM se-Jabar

Aspek syariah harus diperhatikan mulai dari penyembelihan, penyaluran hingga konsumsi

Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diadakan di Masjid Salman
Foto: Dok Republika
Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diadakan di Masjid Salman

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG----Menjelang perayaan Idul Adha, sebanyak 142 peserta dari berbagai DKM di Jawa Barat (Jabar) mengikuti Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) yang diadakan di Masjid Salman, Senin (10/6/2024). Kegiatan ini, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan masyarakat dalam menyembelih hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Pelatihan ini pun agenda rutin tahunan yang digelar oleh Panitia Pelaksana Program Ramadhan dan Idul Adha (P3RI) Salman, berkolaborasi dengan Pusat Halal Salman, Bidang Dakwah Salman, dan Rumah Amal Salman. 

Baca Juga

"Kami harap Masjid Salman dapat terus meningkatkan penyaluran hewan kurban serta bekerjasama dengan masjid-masjid lainnya," ujar Salim Rusli Perwakilan dari Masjid Salman, dalam keterangan resminya, Selasa (11/6/2024).

Salim menekankan bahwa mengonsumsi produk halal adalah kewajiban. Oleh karena itu, aspek-aspek syariah harus diperhatikan mulai dari penyembelihan, penyaluran, hingga konsumsi. 

Sesi pertama pelatihan, diisi oleh Ustadz Zulkarnain yang membahas fiqih kurban, menekankan pentingnya melaksanakan ibadah kurban sesuai syariat Islam untuk meraih ridha Allah. "Qurban adalah bentuk ikhtiar kita untuk mempersembahkan yang terbaik sebagai bukti ketaatan kita," katanya.

Materi berikutnya disampaikan oleh drh Ermariah yang membahas dari segi kedokteran hewan. Ia menyampaikan pentingnya kualitas hewan kurban, seleksi, dan penanganan daging kurban dari sisi kesehatan, serta penerapan higiene sanitasi di tempat pemotongan hewan kurban. "Penanganan hewan kurban tidak boleh asal-asalan. Memeriksa kelayakan dan kesehatan daging kurban adalah tanggung jawab penting bagi setiap muslim," katanya.

Setelah penyampaian materi, peserta diajak melakukan praktik penyembelihan di bawah bimbingan drh Ermariah. Menurut Jejen Jainal Arifin, salah satu peserta dari Cimahi, acara ini sangat bermanfaat, terutama bagi pemula. "Banyak ilmu baru yang belum pernah saya dapatkan sebelumnya. Dari pelatihan ini saya belajar bahwa pemotongan hewan kurban tidak sesederhana itu," katanya.

Faizal Bandrian Anwar, peserta dari Depok, juga merasa senang bisa hadir dalam kegiatan ini. "Saya tahu adanya kegiatan ini dari media sosial. Alhamdulillah acaranya seru dan saya beruntung bisa berkesempatan untuk menyembelih hewan di kegiatan tadi," katanya.

 

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement