Rabu 26 Jun 2024 18:12 WIB

Macet Panjang Akibat Truk Terguling, Polisi Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Tol Cipularang

Truk kontainer yang terguling di Tol Cipularang sebabkan kemacetan

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Sebuah truk kontainer terguling di kilometer 111 arah Jakarta Tol Cipularang, Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 14.15 WIB dan menyebabkan menutup seluruh badan jalan.
Foto: Dok Republika
Sebuah truk kontainer terguling di kilometer 111 arah Jakarta Tol Cipularang, Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 14.15 WIB dan menyebabkan menutup seluruh badan jalan.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG---Truk kontainer yang terguling di kilometer 111 jalur B arah Jakarta Tol Cipularang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (26/6/2024) sekitar pukul 14.15 WIB menyebabkan kemacetan parah. Rekayasa lalu lintas pun diberlakukan oleh aparat kepolisian.

Kasatlantas Polres Cimahi AKP Adhi Prasidya Danahiswara mengatakan kendaraan yang hendak menuju Jakarta dikeluarkan ke Gerbang Tol Cikamuning Padalarang. Selanjutnya kendaraan dapat melintasi jalur arteri Jalan Raya Padalarang-Purwakarta.

Baca Juga

"Kendaraan keluar di exit Tol Cikamuning, pengalihan arus masih berlangsung," ujar Adhi, Rabu (26/6/2024).

Ia mengatakan kendaraan yang sudah melewati gerbang tol keluar Cikamuning maka menggunakan satu jalur di lokasi kejadian kecelakaan. Apabila truk kontainer sepenuhnya sudah dievakuasi maka kendaraan diarahkan di Tol Cipularang.

Menurutnya, kecelakaan tunggal tersebut terjadi saat truk bernomor polisi D 9707 AF hilang kendali kemudian menabrak median jalan. Setelah itu, truk menghantam kembali median jalan sebelah kiri.

Kasatlantas mengatakan bagian kontainer terlepas dari badan truk hingga terguling dan melintang menutup seluruh bagian jalan. "Proses evakuasi masih berjalan, satu lajur bisa dilalui tapi untuk kendaraan yang memang sudah terlanjur lewat dari Gerbang Tol Cikamuning," kata dia.

Agni Mayvinna Senior Manager Representative Office 3 Jasa Marga mengatakan telah mendatangkan kendaraan derek multiguna (komo) untuk mempercepat evakuasi truk yang menutupi lajur tol. Pada pukul 15.17 WIB, ia mengatakan truk yang terguling telah berhasil digeser sehingga saat ini lajur satu dan dua sementara waktu dapat kembali dilalui kendaraan. "Tidak ada korban dalam peristiwa itu," katanya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement