Ahad 21 Jul 2024 14:59 WIB

Semangati Anaknya Sekolah, Ibu-Ibu di Cirebon Ngecat Kelas Bareng

Kegiatan pengecatan ruang kelas itu merupakan inisiatif dari para orang tua murid

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Sekolah dasar (Ilustrasi)
Foto: Dok. Bumn
Sekolah dasar (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON--- Beragam cara dilakukan para orang tua untuk menambah semangat belajar anak-anak mereka di sekolah. Seperti yang dilakukan ibu-ibu di Kabupaten Cirebon, mereka rela mengecat sendiri kelas yang ditempati oleh anak mereka.

Hal itu terjadi di SDN 3 Klayan, Kecamatan Gunung Jati, Kabupaten Cirebon. Para ibu-ibu siswa kelas satu di sekolah tersebut, rela mengecat kelas bersama-sama secara swadaya. Puluhan emak-emak itu tak sungkan melakukan pekerjaan yang biasanya dilakukan oleh kaum laki-laki ataupun kuli bangunan. Mereka mengecat ruang kelas satu dengan cat warna biru, sesuai kesepakatan bersama.

Baca Juga

Wali Kelas 1 SDN Klayan 3, Sri Muharti mengatakan, kegiatan pengecatan ruang kelas itu merupakan inisiatif dari para orang tua murid yang tergabung di Grup WhatsApp, dan mengatasnamakan diri Paguyuban Kelas 1. ‘’Ini bukan acara sekolah, melainkan inisiatif dari para orang tua sendiri,’’ kata Sri, Sabtu (20/7/2024).

Sri mengatakan, jumlah siswanya ada 38 anak. Para orang tua mereka ingin agar suasana kelas lebih segar dan menyenangkan dengan adanya perubahan cat pada dinding kelas. ‘’Para ibu-ibu saking semangatnya rela mengecat sendiri. Mereka bilang bisa ngecat,’’ kata Sri.

Tak hanya mengecat, kata Sri, para ibu-ibu itu bahkan sudah beraktivitas mempercantik kelas sejak kemarin. Mereka membereskan bangku dan mengganti taplak meja di setiap bangku anak.

Para ibu-ibu juga membantu memperbaiki dan membersihkan perabot yang ada di kelas. Termasuk juga memberi hiasan dan pernak-pernik agar kelas semakin cantik.

Sri pun mengaku terharu melihat kekompakan para orang tua siswa kelas satu. Dia berharap perhatian dan pengorbanan para ibu-ibu itu akan membangkitkan semangat anak-anak yang akan memulai kegiatan belajar mengajar (KBM) pada Senin. ‘’Rencananya hari ini selesai. Hari Senin sudah mulai KBM,’’ katanya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement