Selasa 06 Aug 2024 20:28 WIB

Petakan Potensi Kerawanan Pilkada, Polres Indramayu Siapkan Pengamanan

Potensi kerawanan pelaksanaan Pilkada di antaranya polarisasi dukungan masyarakat

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, membuka Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu, di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu, Selasa (6/8/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu)
Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, membuka Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu, di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu, Selasa (6/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU--Pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 tinggal 114 hari lagi. Jajaran Polres Indrmayu pun telah bersiap untuk mengamankan jalannya seluruh tahapan pesta demokrasi lima tahunan tersebut.

Salah satu persiapan yang telah dilakukan adalah dengan menggelar Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024, di Aula Atmani Wedhana Mapolres Indramayu, Selasa (6/8/2024). Operasi tersebut akan dimulai pada 21 Agustus 2024.

Baca Juga

Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo mengatakan, Polres Indramayu siap mengamankan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 dengan melibatkan personel Polres dan Polsek jajaran. Yakni, mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan pemungutan suara hingga rekapitulasi hasil penghitungan suara tingkat TPS, PPS, PPK hingga tingkat KPU.

Polres Indramayu juga siap mengamankan tahapan pelantikan bupati dan wakil bupati maupun gubernur dan wakil gubernur terpilih. Ari mengatakan, dalam pelaksanaan Pilkada Serentak, pihaknya telah memetakan potensi kerawanan yang mungkin terjadi.

‘’Potensi kerawanan pada pelaksanaan Pilkada di antaranya polarisasi dukungan masyarakat dalam mendukung calon bupati dan wakil bupati sehingga rentan terjadinya konflik sosial. Oleh karena itu, perlu dilakukan mitigasi dan dikelola dengan baik agar tidak menjadi gangguan nyata yang mengganggu stabilitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Indramayu,’’ papar Ari.

Ari menambahkan, Polres Indramayu beserta Polsek jajaran telah melakukan pemetaan terhadap potensi kerawanan hingga di setiap TPS. Hal itu dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa aspek seperti lokasi TPS, letak geografis, jumlah pemilih dalam TPS, riwayat sejarah konflik, serta ancaman kelompok teroris dan radikal.

‘’Dari berbagai potensi kerawanan yang telah dipetakan, akan dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. Selain itu, keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan Pemilihan Umum dan Pilkada Serentak menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pilkada Serentak 2024,’’ kata Ari.

Menurut Ari, Polri sebagai salah satu unsur dalam tim Sentra Gakkumdu (Penegakan Hukum Terpadu) siap bekerja secara profesional dalam setiap penanganan temuan dan laporan tindak pidana pemilu. ‘’Saya mengajak semua pihak untuk bersama-sama TNI-Polri dan pemerintah daerah menciptakan suasana yang aman, damai, dan kondusif pada Pilkada Serentak 2024,’’ kata Ari.

Ari juga berpesan kepada seluruh personel Polres Indramayu dan Polsek jajaran agar senantiasa menjaga netralitas. Selain itu, meningkatkan soliditas dan sinergitas TNI dan Polri dengan Pemerintah Daerah dan stakeholder terkait sehingga situasi kamtibmas tetap kondusif. ‘’Semoga Pilkada Serentak 2024 berjalan aman, damai, sejuk, jujur, dan adil sehingga melahirkan pemimpin daerah yang amanah dan dapat mensejahterakan warganya,’’ kata Ari. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement