Selasa 06 Aug 2024 19:43 WIB

Ops Mantap Praja Lodaya Dimulai 21 Agustus, Ini Persiapan Polres Indramayu

Rapat koordinasi lintas sektoral itu merupakan bagian dari pengelolaan pengamanan

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Arie Lukihardianti
Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, membuka Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu, di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu, Selasa (6/8/2024).
Foto: Dok Humas Polres Indramayu
Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo, membuka Rakor Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu, di Aula Atmani Wedhana Polres Indramayu, Selasa (6/8/2024).

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU--Menghadapi Pilkada Serentak 2024, Polres Indramayu akan menggelar Operasi Mantap Praja Lodaya. Pelaksanaan operasi itu juga akan melibatkan berbagai instansi terkait lainnya.

Menghadapi momen tersebut, Polres Indramayu pun melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) Lintas Sektoral Ops Mantap Praja Lodaya Tahun 2024 Polres Indramayu, di Aula Atmani Wedhana Mapolres Indramayu, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Rakor yang dibuka oleh Kapolres Indramayu, AKBP Ari Setyawan Wibowo itu juga dihadiri Forkopimda dan berbagai instansi terkait lainnya, seperti TNI, satuan kerja perangkat daaeah (SKPD) Pemkab Indramayu, KPU, Bawaslu dan lainnya. ‘’Operasi Mantap Praja Lodaya dimulai pada 21 Agustus 2024,’’ ujar Ari.

Adapun pelaksanaan pemungutan suara Pilkada Serentak akan berlangsung pada Rabu, 27 November 2024. Sedangkan dalam waktu dekat, tepatnya pada 27–29 Agustus 2024, akan dilaksanakan tahap pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati Indramayu dari partai politik.

‘’Polres Indramayu dalam rangka persiapan pelaksanaan pengamanan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 menggelar kegiatan silaturahmi dengan penyelenggara pemilu, stakeholder, tokoh agama, dan tokoh masyarakat, dengan harapan terciptanya situasi kamtibmas yang kondusif serta terselenggaranya Pilkada yang damai, aman, dan sejuk,’’ kata Ari.

Ari mengungkapkan, rapat koordinasi lintas sektoral itu merupakan bagian dari pengelolaan pengamanan dan penyamaan persepsi tentang Operasi Mantap Praja Lodaya. Dengan demikian, pesta demokrasi diharapkan dapat berjalan lancar, aman, dan kondusif, dengan upaya preemtif dan preventif dari semua unsur.

Ari menambahkan, Polres Indramayu juga akan melaksanakan simulasi Sispamkota. Tujuannya, untuk melihat kesiapan personel dalam pengamanan masalah dan munculnya kejadian kontijensi pada pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 di Kabupaten Indramayu.

‘’Pelaksanaan simulasi Sispamkota juga dilakukan untuk menjamin keamanan Pilkada Serentak 2024, dimana petugas gabungan dari TNI dan Polri bersama unsur pemerintah daerah akan mengelola keamanan supaya pelaksanaan seluruh tahapan Pilkada Serentak 2024 berjalan aman, damai, dan tertib,’’ kata Ari. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement