Selasa 06 Aug 2024 21:14 WIB

Pj Gubernur Jabar Bey Kaji Program Makan Bergizi Gratis Sebelum Diterapkan ke Semua Daerah

Bey pun berencana akan memulai simulasi program tersebut menggunakan dana CSR

Para siswa menikmati makanan saat uji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG)
Foto: Republika/Prayogi
Para siswa menikmati makanan saat uji coba pelaksanaan program Makan Bergizi Gratis (MBG)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar mulai mengkaji program Makan Bergizi Gratis (MBG). Nantinya, program dari Presiden terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka ini akan diterapkan diseluruh daerah di Jabar.

Menurut Penjabat (Pj) Gubernur Jabar, Bey Machmudin, program itu sudah dibahas dalam rapat pimpinan (Rapim) mengenai penganggarannya agar berjalan maksimal. "Masih dalam format anggaran, bagaimana proporsinya," ujar Bey Machmudin, seusai Rapim di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa (6/8/2024).

Baca Juga

Bey pun berencana akan memulai simulasi program tersebut menggunakan dana CSR perusahaan. Simulasi program ini akan dimulai pada Oktober 2024. "Kami hanya berinisiatif untuk memulai simulasi, menggunakan dana CSR atau dari partisipasi masyarakat. Kami ingin tahu kondisi di lapangan seperti apa dan akan kami laporkan," katanya.

Menurutnya, tidak semua daerah di Jabar sanggup menyelenggarakan program tersebut menggunakan anggaran daerah, salah satunya Kota Banjar. "Makanya simulasi dulu. Kan ini masalah anggaran, apakah di lapangan bagaimana kondisinya? Itu yang dilihat di uji coba ini, dan tentunya ini kan belum ada arahan, yang penting kami jalankan dulu saat uji coba ini," katanya.

"Kami akan laporkan bukan soal anggaran saja, tapi masak gimana? Apakah memungkinkan? Ada yang kantin gratis, ada yang uji coba dalam bentuk makanan jadi, diuji coba semua nanti akan dilaporkan ke Kemendagri," imbuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement