Selasa 10 Sep 2024 12:20 WIB

Tanggap Darurat Kekeringan, Kabupaten Bekasi Salurkan Satu Juta Liter Air Bersih ke Warga

Distribusi air bersih dilakukan menggunakan armada truk tangki.

Rep: Antara/ Red: Arie Lukihardianti
[ilustrasi] Sejumlah warga antre untuk mendapat jatah pembagian air bersih
Foto: ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman
[ilustrasi] Sejumlah warga antre untuk mendapat jatah pembagian air bersih

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI--Pemerintah Kabupaten Bekasi, menyalurkan bantuan satu juta liter lebih air bersih bagi warga terdampak kemarau panjang sejak ditetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan di wilayah itu.

"Hingga hari ke-11 penetapan status tanggap darurat kekeringan, kami telah mendistribusikan bantuan air bersih sebanyak 1.043.500 liter kepada warga terdampak," ujar Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi Muchlis di Cikarang, Selasa (10/9/2024).

Baca Juga

Muchlis mengatakan, distribusi air bersih dilakukan menggunakan armada truk tangki. Selain mengirim air bersih, pemerintah daerah juga memberikan bantuan air siap konsumsi dalam bentuk galon dan air mineral kemasan. "Kami juga memberikan tempat penampungan air bersih atau toren kepada warga di wilayah yang kesulitan mengakses bantuan," katanya.

Menurutnya, hingga kini masih terdapat 39 desa di 12 kecamatan yang mengalami krisis air bersih dengan 33.894 kepala keluarga atau 108.505 jiwa terdampak kekeringan.

Sementara menurut Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bekasi Dodi Supriadi, distribusi bantuan air bersih harian disalurkan melalui skema gotong royong bersama tim pendamping dari perangkat daerah maupun pihak terkait lain.

"Jadi, kerja bersama, tidak hanya dari kami (BPBD) saja, namun perangkat daerah dan instansi lain juga turut menyalurkan bantuan bekerja sama dengan Perumda Tirta Bhagasasi Kabupaten Bekasi," katanya.

Pada Senin (9/9), sebanyak 114.000 liter air bersih serta puluhan galon air mineral didistribusikan kepada warga terdampak dengan rincian 15.000 liter dari BPBD untuk warga Desa Sukadaya, Kecamatan Sukawangi. "Warga Desa Sukakerta dan Sukaringin, Kecamatan Sukawangi juga menerima bantuan 16.000 liter air bersih dari PT Cikarang Listrindo," katanya.

BPBD, mengirimkan 10.000 liter air bersih di Desa Srijaya, Kecamatan Tambun Utara. Sebanyak 30 galon air mineral juga diberikan dari Bagian Tata Pemerintahan Pemkab Bekasi untuk kecamatan setempat.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga mengirimkan bantuan 10.000 liter air bersih bagi warga Desa Jayasakti, Kecamatan Muaragembong. Sementara Bagian Organisasi Setda Kabupaten Bekasi mengirimkan 5.000 liter air bersih untuk Kecamatan Pebayuran.

BPBD pun, mengirimkan 5.000 liter air bersih untuk warga Desa Cipayung, Kecamatan Cikarang Timur, 10.000 liter bagi warga Desa Cilangkara, Kecamatan Serang Baru, serta 10.000 liter untuk warga Desa Sirnajati dan Karangindah di Kecamatan Cibarusah dan Bojongmangu.

Sedangkan di Desa Cicau, Kecamatan Cikarang Pusat, Brimob Yon D Pelopor mengirimkan 10.000 liter air bersih, ditambah 10.000 liter dari Yayasan BMIS dan 4.000 liter dari BPBD.

"Bantuan akan terus kami salurkan kepada warga yang mengalami krisis air bersih sambil terus melakukan koordinasi dan evaluasi terhadap warga terdampak selama periode tanggap darurat," katanya.

Pemerintah Kabupaten Bekasi, menetapkan status tanggap darurat bencana kekeringan selama dua pekan terhitung mulai 30 Agustus hingga 12 September 2024 dengan opsi perpanjangan bergantung kondisi faktual ke depan.

Penetapan status tanggap darurat bencana kekeringan ini dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Bekasi Nomor HK.02.02/Kep.532-BPBD/2024 tanggal 30 Agustus 2024 yang ditandatangani Penjabat Bupati Bekasi Dedy Supriyadi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement