Jumat 04 Oct 2024 15:28 WIB

Cuaca di Bandung Raya Masih Terasa Panas, Ini Penjelasan BMKG

Wilayah Bandung Raya diprediksi memasuki musim penghujan di awal Oktober

Rep: Muhammad Fauzi Ridwan/ Red: Arie Lukihardianti
Pantauan cuaca di Bandung Raya (Ilustrasi)
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pantauan cuaca di Bandung Raya (Ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mengungkapkan alasan cuaca di Bandung Raya yang masih dirasakan panas rentang waktu lama dan sesekali terjadi hujan. Mereka menyebut saat ini Bandung Raya sudah memasuki musim peralihan atau Pancaroba.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, kondisi cuaca saat ini secara umum di Jawa Barat (Jabar) relatif mengalami peningkatan curah hujan. Termasuk untuk di wilayah Bandung Raya. "Untuk wilayah Bandung Raya masih masa peralihan dari musim kemarau ke penghujan," ujar Rahayu saat dikonfirmasi, Jumat (4/10/2024).

Baca Juga

Masa peralihan tersebut, kata dia, ditandai dengan hujan turun dengan tidak teratur seperti hujan turun dengan intensitas tinggi dalam waktu singkat. Selanjutnya, diikuti beberapa hari tanpa hujan. "Suhu yang fluktuatif dan berubah-ubah secara signifikan dalam waktu singkat dan kelembaban udara yang tinggi terutama di pagi dan sore hari," kata Rahayu.

Rahayu mengatakan, wilayah Bandung Raya diprediksi memasuki musim penghujan paling awal pada Oktober pekan pertama terutama di Kabupaten Bandung bagian timur dan selatan. "Secara umum bulan Oktober sudah masuk musim penghujan hanya waktunya ada yang awal, tengah dan akhir bulan Oktober," kata dia.

Rahayu mengimbau masyarakat untuk waspada terhadap kondisi cuaca ekstrem. Selain itu, terhadap potensi bencana alam seperti longsor dan banjir.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement