Jumat 18 Oct 2024 14:27 WIB

Ini Tiga Paslon Terkuat Pilihan Pemilih Pemula di KBB, Ada Adik Ipar Raffi Ahmad?

Pemilih pemula berpotensi digarap pasangan calon di KBB karena cukup potensial

Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan
Foto: Edi Yusuf/Republika
Calon Bupati Kabupaten Bandung Barat Hengky Kurniawan

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG--Lembaga survei median, melakukan survei pada pemilih pemula di Kabupaten Bandung Barat. Survei tersebut, dilakukan untuk memotret pasangan calon mana yang dipilih oleh para milenial tersebut.

Menurut Direktur Riset Median Ade Irfan, hasil survei menunjukkan ada tiga pasangan calon (Paslon) bupati-wakil bupati Bandung Barat yang menjadi pilihan pemilih pemula. Yaitu, Paslon Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman, Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail, dan Edi Risyandi-Unjang Asari menjadi pilihan. Seperti diketahui, Jeje Ritchie merupakan adik ipar Raffi Ahmad.

Baca Juga

"Sebanyak 34,4 persen memilih pasangan Hengky-Ade, disusul Jeje Ritchie-Asep Ismail 24,1 persen dan 11,1 persen memilih Edi-Unjang," ujar Ade saat merilis hasil survei Pilkada KBB di Bandung, Jumat (18/10/2024).

Ade menganalisa bahwa pemilih pemula berpotensi digarap pasangan calon, mengingat pemilih pemula di KBB cukup potensial. "Bisa saja pemilih pemula ini mengubah elektabilitas pasangan calon," kata dia.

Di sisi lain, tingkat popularitas masih didominasi pasangan calon yang dihuni public figure, seperti petahana Hengky Kurniawan, Jeje Ritchie Ismail dan Gilang Dirga Dirgahari. Petahana Hengky-Kurniawan masih populer dengan 90,2 persen disusul Jeje Ritchie Ismail 87,1 persen, dan Gilang Dirga di angka 84,6 persen. Kemudian Cabup Dikdik Agus Triwiyono dengan 61,7 persen dan calon lainnya masih di bawah 50 persen.

Begitupun dengan tingkat elektabilitas, pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat Usman berada di posisi teratas dengan 24,6 persen, disusul Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari 22,5 persen dan Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail dengan 20,4 persen.

"Sebesar 45,7 persen pemilih sudah mantap dengan pilihan mereka, sementara 38,7 persen masih terbuka untuk perubahan. Ini menunjukkan dinamika pemilih yang masih aktif menjelang pemilihan," katanya.

Adapun 30 persen responden mengaku memilih pasangan Hengky-Ade Sudrajat karena pengalaman sebagai petahana. Di sisi lain 13,6 persen memilih pasangan Didik Agus Triwiyono-Gilang Dirga Dirgahari karena dianggap agamis, sementara 27,8 persen memilih Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail berkat popularitas dan program kerja yang baik.

Survei dilakukan sejak 3-10 Oktober 2024 dengan jumlah responden 800 orang dan margin of eror +/-3,39 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen. Pilkada Kabupaten Bandung Barat menjadi ajang penting dalam memilih pemimpin daerah lima tahun ke depan. Kali ini sangat menarik, terlebih dengan lima pasangan calon (Paslon), di mana tiga di antaranya diisi artis nasional.

"Sebanyak 23,8 persen pemilih laki-laki dan perempuan cenderung memilih pasangan Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat, dan 25,4 persen masing-masing," katanya.

Berikut Paslon Bupati-Wakil Bupati yang akan bersaing di Pilkada KBB :

1. Dikdik Agus Triwiyono-Gilanh Dirga Dirgahari

2. Jeje Ritchie Ismail-Asep Ismail

3. Hengky Kurniawan-Ade Sudrajat

4. Edi Risyandi-Unjang Asari

5. Sundaya-Asep Ilyas

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement