REPUBLIKA.CO.ID, CIMAHI -- Pelayanan publik bagi warga Kota Cimahi, Jawa Barat semakin dipermudah melalui WhatsApp atau WA Mantap. Nomor itu terintegrasi dengan segala layanan yang dibutuhkan. Mulai dari layanan administrasi hingga kedaruratan tanpa perlu datang langsung.
"WA Mantap ini menjawab kebutuhan masyarakat yang membutuhkan respons dan layanan serba cepat. Misalnya pembuatan KK, KTP, hingga aduan apapun," ujar Wali Kota Cimahi, Ngatiyana, Jumat (5/9/2025).
Di dalam WA Mantap, ada beberapa menu yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Misalnya menu kedaruratan, pengaduan, informasi Kota Cimahi, pariwisata, hingga akses ke CCTV di beberapa titik di wilayah Kota Cimahi.
Selain layanan administrasi kependudukan, WA Mantap juga terkoneksi dengan program pelayanan Kejaksaan Negeri Cimahi, seperti e-Tilang, Rumah Restorative Justice, dan layanan Barang Bukti Bebas Ongkos (Baros). Kolaborasi ini memperluas jangkauan pelayanan publik tanpa menambah birokrasi.
"Misalnya kalau kedaruratan, nanti disambungkan ke nomor 112 sebagai layanan nomor kedaruratan Kota Cimahi. Semua bisa dalam wa ini," kata Ngatiyana.
Sistem ini bakal beroperasi selama 24 jam setiap hari. Nantinya setiap permintaan layanan yang masuk akan diteruskan ke layanan perangkat daerah terkait melalui satu pintu. "Dengan nomor resmi 082289999034, WA Mantap menjadi saluran yang praktis, murah, dan mudah diakses oleh masyarakat," kata Ngatiyana
Sementara itu Ririn Nur Febriani (38), salah seorang warga Kelurahan Cigugur Tengah, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi menyambut baik inovasi pelayanan yang diberikan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi itu.
"Tentunya kalau soal mempermudah pelayanan apapun itu saya sebagai warga tentunya mendukung. Termasuk inovasi baru dari Pemkot Cimahi ini. Jadi kalau ada kebutuhan tingga WA saja," kata Ririn.