Rabu 03 Feb 2021 11:58 WIB

Roadmap Indonesia Digital Telah Disampaikan ke Presiden

Kemenkominfo menunggu arahan presiden terkait Roadmap Indonesia Digital 2021-2024.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Yudha Manggala P Putra
Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate. Ilustrasi
Foto:

Pertama, Presiden meminta segera dilakukan percepatan perluasan akses dan peningkatan infrastruktur digital. Kedua, Presiden meminta agar dipersiapkan peta jalan atau roadmap transformasi digital di sektor-sektor strategis.

"Beberapa sektor tersebut antara lain pemerintahan, layanan publik, bantuan sosial, pendidikan, kesehatan, perdagangan, industri, dan penyiaran agar utilitisasi infrastruktur juga meningkat," kata Johnny.

Sedangkan ketiga, Jokowi meminta agar integrasi pusat data nasional dipercepat. Keempat, Jokowi ingin agar kebutuhan sumber daya manusia (SDM) talenta digital disiapkan. Dan kelima, Presiden meminta agar jajarannya segera menyiapkan hal-hal yang berkaitan dengan regulasi, skema pendanaan, dan pembiayaan transformasi digital.

"Kemudian, arahan strategis di setiap sektor tersebut diturunkan menjadi rincian-rincian inisiatif strategis yang lebih spesifik untuk mempermudah pelaksanaan di kemudian hari," katanya.

.

Dalam pembuatan inisiatif strategis, Johnny menyatakan, Kementerian Kominfo berusaha mencakup berbagai bidang secara komprehensif. Hal ini dilakukan sebagai upaya membuka ruang bagi pemangku kepentingan untuk bersama-sama mendorong realisasi transformasi digital Indonesia yang didalamnya tidak kurang dari 100 kegiatan harus dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement