Kamis 18 Nov 2021 13:14 WIB

Hadi Doakan Andika Laksanakan Tugas dengan Aman

Hadi mengaku akan beristirahat di rumahnya di Malang setelah pensiun.

Rep: Flori Sidebang, Dessy Suciati Saputri, Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Pejabat baru Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komando dengan pejabat lama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) usai upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (18/11/2021). Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun
Foto:

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Jenderal Andika Perkasa menyampaikan terima kasih kepada Hadi yang sudah menggelar acara sertijab secara berbeda. Ia merasa terhormat dengan hal tersebut. "Saya sebagai junior mengucapkan terima kasih banyak kepada Pak Hadi. Kami merasa terhormat semuanya," ucap Andika.

Mantan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) ini pun mengaku akan melanjutkan tugas-tugas yang telah dilakukan sebelumnya oleh Hadi. "Pokoknya tugas kita kan memang sudah dibuat spesifik oleh Undang-Undang Nomor 34. Saya akan melanjutkan tugas-tugas yang sudah dilakukan oleh Marsekal Hadi Thahjanto, karena apa? Karena memang itulah yang harus kita geluti dan saya akan berusaha yang terbaik untuk melanjutkan," ujar Andika.

Andika juga menjanjikan pembenahan internal di tubuh TNI menjadi salah satu program prioritasnya selama menjabat. Selain program prioritas internal, ia juga berkomitmen untuk memberikan kontribusi terhadap program pemerintah.

“Harus saya akui. Harus banyak berbenah karena memang itu sesuatu yang harus kita lebih teliti. Sedangkan keluar juga ada sehingga tujuannya supaya saya sebagai pembantu Presiden yang juga menangani hal-hal yang berhubungan dengan militer itu bisa memberikan kontribusi terhadap kinerja pemerintah,” jelas Andika.

Lebih lanjut, ia juga akan melakukan evaluasi terhadap penanganan masalah keamanan di Papua. Andika berpendapat, penanganan masalah di Papua seharusnya tak berbeda di wilayah lain di Indonesia.

“Papua pasti kita akan perbaiki karena memang saya ingin menggunakan peraturan perundangan sehingga jangan sampai kemudian kita ini melakukan tindakan atau mengambil kewenangan orang. Jadi saya akan lakukan evaluasi, lakukan perubahan dalam hal bagaimana kita beraktivitas, bukan hanya di Papua tapi juga di seluruh wilayah NKRI,” jelas dia.

Menantu AM Hendropriyono ini juga menilai, selain tantangan keamanan di lapangan, persepsi mengenai keamanan juga menjadi tantangan tersendiri. Karena itu, menurutnya, persepsi keamanan juga perlu diperbaiki. Selain itu, Andika juga berbicara terkait hubungan TNI dan Polri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement