Kamis 18 Nov 2021 13:14 WIB

Hadi Doakan Andika Laksanakan Tugas dengan Aman

Hadi mengaku akan beristirahat di rumahnya di Malang setelah pensiun.

Rep: Flori Sidebang, Dessy Suciati Saputri, Febrianto Adi Saputro/ Red: Agus raharjo
Pejabat baru Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa (kiri) melakukan salam komando dengan pejabat lama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto (kanan) usai upacara Serah Terima Jabatan Panglima TNI di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Kamis (18/11/2021). Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa menggantikan Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun
Foto:

Ia mengatakan, hubungan TNI dan Polri tak ada yang renggang. Saat ini kedua institusi tersebut tengah melakukan kerja sama konkret baik di level atas maupun di level bawah sehingga hubungan keduanya semakin erat.

“Justru kita ini melakukan tindakan konkrit dengan Polri dengan cara membuat jadwal yang simultan bukan lagi di level atas tapi di level bawah dan itu sudah kita mulai sekalipun sudah direncanakan sejak tahun lalu. Tapi kita sudah melakukan,” jelasnya.

Ketua DPR RI Puan Maharani berharap, Andika mampu membawa TNI semakin maju dan profesional dalam pengabdiannya untuk negara. "Selamat atas dilantiknya Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI yang baru. Semoga bisa membawa TNI semakin profesional dan terus dekat dengan rakyat. Tegakkan kedaulatan NKRI, lindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia dari ancaman dan gangguan," kata Puan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melantik Jenderal Andika Perkasa sebagai Panglima TNI pada Rabu (17/11) siang. Pelantikan ini digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat pukul 13.30 WIB.

Pelantikan yang dilakukan dengan protokol kesehatan yang ketat ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 106 TNI tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Panglima TNI. Setelah pembacaan Keputusan Presiden, acara kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan oleh Presiden Jokowi. Untuk diketahui, Andika Perkasa ditunjuk sebagai Panglima TNI menggantikan Hadi Tjahjanto yang memasuki masa pensiun per November 2021.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement