Jumat 26 Nov 2021 22:36 WIB

Sah, Seluruh Toilet dan Fasilitas Umum BUMN Gratis

Menteri BUMN Erick Thohir keluarkan SE yang gratiskan Fasilitas Umum dan Sosial BUMN.

Rep: Muhammad Nursyamsi, Ronggo Astungkoro/ Red: Bayu Hermawan
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.
Foto:

Wakil Direktur Institute for Development of Economics and Finace (Indef), Eko Listiyanto, menilai instruksi Menteri BUMN Erick Thohir yang meminta agar toilet di semua SPBU Pertamina digratiskan, sebagai kebijakan yang tepat. Eko mengatakan, hal itu dapat menarik minat publik untuk lebih menggunakan SPBU milik BUMN. 

"Secara umum itu kebijakan yang bagus kalau memang toilet dan fasilitas umum lainnya di SPBU-SPBU milik BUMN baik yang berlokasi di rest area maupun non-rest area akan lebih bagus jika digratiskan, sehingga mungkin juga akan lebih menarik minat masyarakat untuk lebih menggunakan SPBU-SPBU dari pemerintah," ujar Eko.

Menurutnya, jika toilet di SPBU-SPBU tersebut bisa digratiskan tentunya akan sangat diapresiasi oleh masyarakat karena salah satu kebutuhan ketika masyarakat melakukan perjalanan selain mengisi bensin juga menggunakan fasilitas umum seperti toilet dan musholla. Pengamat dari INDEF itu juga menambahkan, jika toilet-toilet di SPBU Pertamina tersebut digratiskan maka perlu dipastikan pula aspek kebersihan dan perawatannya agar tetap terjaga.

"Bagaimanapun yang namanya fasilitas publik rentan terhadap kerusakan, sehingga biaya pemeliharaan dan kebersihannya juga perlu diperhitungkan seandainya toilet-toilet di SPBU akan digratiskan," kata Eko.

Hal senada juga disampaikan oleh Koordinator Pusat Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara Dimas Prayoga. Ia menilai kebijakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, yang meminta agar toilet di semua SPBU Pertamina digratiskan adalah langkah yang tepat dah tegas. Dia juga sepakat, penggunaan fasilitas umum memang semestinya tidak perlu dipungut bayaran.

"Kami mendukung sekali keputusan Menteri BUMN, Bapak Erick Thohir, yang meminta seluruh SPBU untuk menggratiskan fasilitas umum seperti toilet kepada masyarakat. Inikan memang fasilitas umum dan semestinya digratiskan untuk umum," ujar Dimas lewat keterangannya, Rabu (24/11).

Dimas mengatakan, kebijakan tersebut akan dapat menarik minat publik agar lebih nyaman menggunakan SPBU milik BUMN. Meski begitu, dia menambahkan, perawatan dan kebersihan toilet umum juga harus tetap diperhatikan walaupun gratis agar masyarakat nyaman saat menggunakannya.

"Tetap harus dijaga kebersihannya dan dirawar. Agar masyarakat tetap nyaman saat menggunakan walau gratis," katanya.

Dimas turut mengimbau kepada masyarakat agar melaporkan kepada pengelola SPBU jika masih ada toilet yang berbayar. Menurutnya, kesulitan juga kerap ditemui ketika mencari fasilitas air dan angin gratis di SPBU sejak terdapat bisnis tambal ban dan nitrogen berbayar.

"Kami dari BEM Nusantara mengimbau kepada masyarakat untuk melaporkan kepada pengelola SPBU jika masih ada toilet umum di SPBU Pertamina memasang tarif ketika digunakan oleh masyarakat," jelasnya.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement