Ahad 05 Feb 2023 08:12 WIB

Keren....4,2 Juta Wisatawan Kunjungi 'Kota Wali' Selama 2022

Kunjungan wisatawan itu dipastikan melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 2,2 j

Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon.
Foto: Darmawan / Republika
Sejumlah pengujung nampak berfoto di lingkungan objek wisata Goa Sunyaragi di Cirebon.

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Cirebon, mendata, selama tahun 2022, kunjungan wisatawan ke daerah itu mencapai 4,2 juta jiwa. Jumlah itu,  baik wisatawatn dari dalam negeri maupun luar negeri.

"Wisatawan yang datang ke Kota Cirebon pada tahun 2022 mencapai 4,2 juta jiwa," kata Kepala Disbudpar Kota Cirebon Agus Sukmanjaya, Sabtu (4/2/2023).

Dia mengatakan, kunjungan wisatawan di Kota Cirebon pada tahun 2022 dipastikan melampaui target yang telah ditetapkan yaitu 2,2 juta. Karena total hingga 31 Desember 2022 data kunjungan wisatawan mencapai 4,2 juta.

Menurutnya peningkatan kunjungan wisatawan tidak lepas dari terus melandainya kasus Covid-19 di Indonesia dan Cirebon, sehingga masyarakat banyak yang berkunjung ke daerah itu.

Dia melanjutkan, wisatawan yang datang ke Kota Cirebon memang didominasi oleh turis lokal atau dalam negeri, dan juga turis mancanegara meskipun jumlahnya tidak terlalu banyak. "Kota Cirebon masih didominasi wisata lokal, dan yang terbanyak dari daerah Jabodetabek, serta Bandung," ujarnya.

Agus melanjutkan, dengan terus meningkatnya kunjungan wisatawan ke Kota Cirebon, diharapkan perekonomian di daerah itu terus membaik, dan bisa memberikan nilai tambah bagi warga Kota Cirebon.

Selain itu, pihaknya juga berupaya meningkatkan kunjungan wisatawan dengan menggelar berbagai acara, baik yang sudah dijadwalkan maupun belum. Bahkan pada tahun 2023 ini, Pemkot Cirebon sudah menyiapkan 60 agenda wisata, meskipun itu belum final karena masih dilakukan kurasi terlebih dahulu.

"Pada tahun 2023 ini terget kunjungan 2,3 juta jiwa, dan kami sangat optimistis bisa terlampaui, untuk itu kami siapkan beragam agenda pariwisata baik skala lokal, nasional, maupun internasional," katanya.

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement