Rabu 15 Feb 2023 11:35 WIB

Dua Jasad Wisatawan Lokal Ditemukan di Kedalaman 3 Meter Situ Rawagede 

Kedua jasad korban ditemukan setelah tim SAR melakukan penyelaman di kedalaman 5 m.

Rep: Ali Yusuf/ Red: Agus Yulianto
Tim gabungan pencarian dan penyelamatan (SAR) membawa jasad korban tenggelam di Danau Situ Rawagede, Kelurahan Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Rabu (15/2/2023).
Foto: Republika/ Ali Yusuf
Tim gabungan pencarian dan penyelamatan (SAR) membawa jasad korban tenggelam di Danau Situ Rawagede, Kelurahan Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi, Rabu (15/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, BEKASI -- Dua wisatawan lokal yang tenggelam di Danau Situ Rawagede, Kelurahan Bojong Menteng, Rawalumbu, Kota Bekasi berhasil ditemukan. Kedua jasad ini ditemukan setelah tim pencarian dan penyelamatan (SAR) menyelam sampai ke dalaman lima meter.

Jasad pertama atas nama Ahmad Gunawan ditemukan pada pukul 22.40 WIB di kedalaman tiga meter. Sementara jasad satunya atas nama Putra ditemukan pada siang harinya.

Baca Juga

"Pada Selasa tanggal 14 Februari 2023 pukul 22.40 WIB dengan teknik penyelaman, satu korban atas nama Ahmad Gunawan (mamat) telah berhasil ditemukan pada kedalaman tiga meter dengan radius lima meter dari lokasi kejadian," kata Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Enung Nurcholis, Rabu (15/2/2023).

Tiga jam kemudian setelah penemuan jasad Ahmad Gunawan tepatnya pukul 01.00 WIB, Rabu (15/2/2023) tim SAR memutuskan untuk mengakhiri pencarian. Keputusan ini diambil karena kondisi tim SAR sudah terlihat kelelahan.

 

Akhirnya tim SAR gabungan memutuskan pencarian dilakukan pada Rabu pagi. Pencarian ini untuk menemukan satu jasad korban tenggelam atas nama Putra.

"Pada Rabu tanggal 15 Februari 2023 Pukul 01.00 WIB untuk sementara SAR gabungan dihentikan dan akan dimulai kembali pada pukul 07.00 WIB," katanya.

Enung menceritakan, pagi pukul 07.00 WIB SAR gabungan sudah bersiap di lokasi tempat kejadian untuk melanjutkan pencarian survivor atas nama Putra. Pencarian ini menggunakan perahu mopel serta menggunakan metode jangkar.

"Tepat pukul pukul 08.00 WIN tim penyelam dari Kansar Jakarta melakukan penyelaman untuk memaksimalkan pencarian," katanya.

Setelah tim Kansar Jakarta turun ke dasar danau, akhirnya jasad Putra ditemukan, tepatnya pada pukul 08.25 WIB. Jasad ini ditemukan di kedalam empat meter dengan radius lima meter.

"Pagi pukul 08.25 WIB survivor atas nama Putra berhasil ditemukan tim penyelam dari kansar jakarta pada kedalaman 4 meter dengan radius 5 meter," katanya.

Setelah dua korban tenggelam ditemukan di dasar danau, tim SAR gabungan mengakhiri pencarian. Sesui standar operasional prosedur (SOP) dua jasad dibawa ke Polres selanjutnya ke RSUD untuk divisum et repertum.

"Pagi pukul 09.00 WIB pencarian survivor 2 orang tenggelam dinyatakan selesai dan opsar gabungan ditutup," katanya.

 

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement