Ahad 19 Feb 2023 07:55 WIB

Warga Kuningan Kaget Ada Ular Kobra di Langit-Langit Dapur

Petugas Damkar Kuningan merespons cepat laporan warga soal ular di rumah.

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Irfan Fitrat
(ILUSTRASI) Evakuasi ular di rumah warga.
Foto: Dok Damkar Kuningan
(ILUSTRASI) Evakuasi ular di rumah warga.

REPUBLIKA.CO.ID, KUNINGAN — Warga di Desa Pasayangan, Kecamatan Lebakwangi, Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, melaporkan soal keberadaan ular di dalam rumahnya. Ular itu diketahui jenis kobra jawa.

Laporan soal ular itu datang dari Ningrum (27 tahun) pada Sabtu (18/2/2023) malam. Menurut Kepala UPT Pemadam Kebakaran (Damkar) Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kabupaten Kuningan M Khadafi Mufti, keberadaan ular itu diketahui oleh penghuni rumah, Ningrum, selepas menunaikan shalat Maghrib. 

“Saat hendak menuju ke ruangan depan rumahnya, Ningrum tiba-tiba mendengar suara seperti desis ular,” kata Khadafi, Sabtu (18/2/2023).

Ningrum mencari tahu asal suara tersebut. Saat melihat ke langit-langit ruangan dapur, ia melihat seekor ular kobra jawa di kayu reng. 

 

Ningrum kaget dan langsung melaporkan keberadaan ular itu kepada Kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan melalui nomor kontak (0232) 871113. Ia meminta bantuan agar ular di dalam rumahnya bisa dievakuasi.

Petugas Damkar bergegas meluncur ke rumah Ningrum. Setelah mengetahui posisi ular, petugas Damkar melakukan evakuasi hanya dalam waktu sekitar sepuluh menit.

“Apabila dibiarkan atau tidak dievakuasi, dikhawatirkan dapat membahayakan pemilik rumah maupun warga di sekitar rumah tersebut,” kata Khadafi.

Mengantisipasi ular, Khadafi mengimbau warga menjaga kebersihan di lingkungan rumah. Warga diminta tidak membiarkan tumpukan bahan bangunan, bekas sampah, atau membiarkan halaman rumah kotor dan lembap. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement