Kamis 23 Feb 2023 09:39 WIB

Warga Dilarang Buang Sampah ke Lahan Bekas TPS Argasari Tasik

TPS Argasari di Jalan Bantar, Kota Tasikmalaya, sudah ditutup.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) memasang spanduk penutupan TPS Argasari di kawasan Jalan Bantar, Kecamatan Cihideung, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Rabu (22/2/2023).
Foto:

Berdasarkan informasi dari pemkot, Soni mengatakan, pembuangan sampah dialihkan ke TPS Pasar Kidul, yang masih ada di wilayah Kecamatan Cihideung. “Mudah-mudahan warga tidak membuang sampah di sini lagi (bekas lahan TPS Argasari) karena sekarang sudah dialihkan ke TPS Pasar Kidul,” katanya.

Menyikapi pengalihan itu, Soni meminta pengangkutan sampah di TPS Pasar Kidul dilakukan lebih rutin. Apabila sampai tertunda, kata dia, dikhawatirkan terjadi penumpukan sampah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Tasikmalaya Deni Diyana mengatakan, pembuangan sampah yang biasa dilakukan ke TPS Argasari akan dialihkan ke TPS Pasar Kidul atau Depo Sampah Mayasari, Kecamatan Cihideung. Menurut dia, pemindahan masih tahap uji coba untuk nanti dilihat dampaknya.

“Setidaknya satu masalah di sini (TPS Argasari) tertangani. Kami juga sudah sering coba cari lokasi lain untuk memindahkan TPS Argasari. Namun, itu tidak mudah karena di wilayah sini padat permukiman,” kata dia, Rabu.

Deni mengatakan, dengan pengalihan pembuangan sampah ke TPS Pasar Kidul, volume sampah di sana bisa meningkat dengan cepat. Karena itu, kata dia, DLH akan menugaskan pengawas khusus untuk penanganan sampah di TPS Pasar Kidul. 

Menurut Deni, dinasnya juga akan berupaya meningkatkan mobilitas pengangkutan sampah di TPS Pasar Kidul, sehingga sampah tidak sampai menumpuk.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement