Rabu 01 Mar 2023 00:02 WIB

Cawapres untuk Anies Baswedan, Dibahas

Sosok-sosok yang dibahas juga belum bertemu dengan Anies selaku capres dari ketiga pa

Rep: Nawir Arsyad Akbar/ Red: Agus Yulianto
Kunjungan Anies Baswedan.
Foto: Dokumen
Kunjungan Anies Baswedan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anies Baswedan telah memenuhi syarat ambang batas pencalonan presiden atau presidential threshold sebesar 20 persen. Ketua DPP Partai Nasdem yang juga bagian dari tim kecil, Willy Aditya mengatakan, tim kecil  juga sudah membahas calon wakil presiden (cawapres) untuk Anies.

"Cawapres sudah kita bahas ada beberapa nama, tapi mungkin belum bisa kita expose dari dalam maupun dari luar. Cara berpikir kita kan yang penting best of the best jadi standing point itu lah, yang jadi patokan kita untuk memberikan persembahan kepada rakyat Indonesia," ujar Willy kepada wartawan, Selasa (28/2).

Baca Juga

Kendati demikian, hal tersebut masih sebatas pembahasan di tim kecil Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS. Sosok-sosok yang dibahas tersebut juga belum bertemu dengan Anies selaku capres dari ketiga partai politik tersebut.

"Kalau masalah nama kita belum bisa umumkan sekaran, nanti banyak nama yang sedang kita godok ya. Nanti kita akan informasikan lah ke teman-teman, ini kan bagian dari element of surprise juga," ujar Willy.

Sebelumnya, Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh mengatakan bahwa keputusan calon wakil presiden (cawapres) koalisi Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) merupakan kewenangan Anies Baswedan. Ia sendiri berpandangan, Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pantas menjadi pasangan Anies.

"Itu adalah pemahaman saya dan mudah-mudahan saya tidak salah, tapi kalau ditanya pantas? sekali lagi saya katakan, lebih dari pantas," ujar Surya Paloh di Kantor DPP Partai Demokrat, Jakarta, Rabu (22/2).

Dia melihat, AHY sebagai sosok yang memiliki fisik dan pemikiran yang tepat untuk menjadi cawapres dari Anies. Namun sekali lagi disampaikannya, keputusannya berada di tangan Anies sebagai bakal capres.

"Dari awal saya katakan, mengenai masalah pasangan cawapres, dari sejak awal deklarasi serahkan kepada capres. Nah ini bagaimana? kalau tanya pada pendapat saya, cocok," ujar Surya Paloh.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement