Rabu 08 Mar 2023 15:26 WIB

Cegah Penyelundupan Narkoba, Lapas Banceuy Dorong Rehabilitasi Sosial

Sekitar 70 persen warga binaan di Lapas Banceuy merupakan narapidana kasus narkotika.

Rep: Antara/ Red: Irfan Fitrat
Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banceuy Bandung, Jawa Barat.
Foto: Istimewa
Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Banceuy Bandung, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG — Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banceuy, Kota Bandung, Jawa Barat, mendorong program rehabilitasi sosial terhadap warga binaan. Langkah ini disebut menjadi bagian dari upaya pencegahan penyelundupan narkoba ke dalam lapas.

Kepala Lapas Kelas I A Banceuy Bandung Heri Kusrita mengatakan, dalam menjalankan program rehabilitasi sosial, pihaknya bekerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Bandung. Sebagaimana arahan Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

“Itu terkait untuk pemberantasan narkoba juga, dengan rehabilitasi sosial. Salah satunya nanti ada tes urine,” kata Heri di Bandung, Selasa (7/3/2023).

Dari 676 orang warga binaan di Lapas Banceuy, Heri mengatakan, sekitar 70 persennya merupakan narapidana kasus narkotika. Ia mengakui, sebelum menjabat sebagai kepala Lapas Banceuy, beberapa kali ada upaya penyelundupan narkoba ke dalam lapas yang berhasil digagalkan.

Mengantisipasi upaya serupa, Heri mengatakan, pihaknya berupaya membuat warga binaan tidak ketergantungan terhadap narkoba. Salah satu caranya dengan mendorong rehabilitasi sosial.

Menurut Heri, rehabilitasi sosial itu bakal berlangsung selama enam bulan di lingkungan Lapas Banceuy. Programnya direncanakan mulai digelar sebelum bulan Ramadhan 2023. 

“Kegiatan ini adalah sebuah langkah besar sinergi antara aparat penegak hukum dalam pemberantasan narkotika, khususnya di lingkungan Lapas Banceuy,” kata Heri.

Menurut Heri, rehabilitasi sosial di Lapas Banceuy ini juga sebagai bentuk dukungan kepada BNN yang memiliki program Bersinar (Bersih Narkoba).

Ia pun menyampaikan komitmennya untuk membantu pihak BNN dalam upaya pemberantasan tindak pidana narkotika. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement