Sabtu 11 Mar 2023 13:39 WIB

Tutup Bulan K3, Balongan Tegaskan Seluruh Pekerja Patuhi Aspek Safety 

Bulan K3 ini menjadi momentum untuk meningkatkan awareness terhadap aspek safety. 

Kegiatan penutupan Bulan K3 Project Balongan diakhiri dengan penyerahan Bendera Pataka K3 oleh GM Project Balongan Sugeng Firmanto kepada Ketua Panitia Bulan K3 di Project Balongan Ubai Zubairi
Foto: Istimewa
Kegiatan penutupan Bulan K3 Project Balongan diakhiri dengan penyerahan Bendera Pataka K3 oleh GM Project Balongan Sugeng Firmanto kepada Ketua Panitia Bulan K3 di Project Balongan Ubai Zubairi

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Project Balongan yang merupakan pengelola pelaksanaan proyek-proyek strategis nasional di area kompleks Kilang Pertamina Balongan, secara resmi mengakhiri peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). Kegiatan Bulan K3 Nasional ini ditutup oleh General Manager Project Balongan Sugeng Firmanto, Jumat (10/3/2023).

Kegiatan penutupan Bulan K3 di lingkungan Project Balongan dilaksanakan di halaman kantor Revitalisasi RCC yang turut dihadiri oleh Ketua Umum Serikat Pekerja Pertamina Bersatu Balongan (SP-PBB) Wawan Darmawan beserta pengurus, pekerja Pertamina RU VI, serta dihadiri oleh para pekerja kontraktor.

Dalam sambutannya Sugeng Firmanto mengatakan, agar peringatan Bulan K3 ini menjadi momentum untuk meningkatkan awareness terhadap aspek safety. Kata dia, kecelakaan kerja maupun fatality bisa dicegah apabila seluruh aspek Corporate Live Saving Rules (CLSR) dipahami dan diterapkan dalam setiap pekerjaan oleh seluruh pekerja.

“Saya mengajak seluruh pekerja untuk mematuhi aspek safety, karena safety ini merupakan hak hidup orang lain. Artinya, kita semua ikut bertanggung jawab untuk melindungi hidup orang lain,” ujar Sugeng dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (11/3/2023).

Sugeng mengingatkan, agar HSSE Golden Rules Pertamina yakni Patuh, Intervensi dan Peduli (PIP) harus dipahami oleh semua pekerja dan kontraktor. “Tolong para Leader di lapangan  harus selalu memeriksa kelayakan seluruh peralatan dan kehandalannya, dipastikan juga inspeksi dan maintenance-nya dilakukan dengan baik,” ungkap Sugeng.

Selain itu, GM Project Balongan juga menegaskan, agar jajaran manajemen untuk aktif melakukan MWT (Management Walk Through) yang berkualitas kepada para kontraktor supaya lebih meyakinkan bahwa seluruh aktivitas pekerjaan yang dilakukan benar-benar aman. 

Terakhir, kata Sugeng, pastikan semua kegiatan yang berisiko tinggi harus memiliki Surat Izin Kerja Aman (SIKA) dan tim HSSE Kontraktor untuk terus meningkatkan kompetensinya melalui training dan pelatihan-pelatihan lainnya.

Apresiasi juga disampaikan GM Project Balongan kepada manajemen Revitalisasi RCC yang meraih perhargaan The Best HSSE Program Implementation dari PT KPI, dan Manajemen RDMP yang meraih penghargaan Indonesia Best Companies 2023 sebagai perusahaan yang menerapkan HSSE dengan predikat “Very Good” dari SWA Media.

Kegiatan penutupan Bulan K3 Project Balongan diakhiri dengan penyerahan Bendera Pataka K3 oleh GM Project Balongan Sugeng Firmanto kepada Ketua Panitia Bulan K3 di Project Balongan Ubai Zubairi, serta dilakukan pula penyerahan hadiah kepada para juara kompetisi yang berkaitan dengan Bulan K3.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement