Jumat 17 Mar 2023 18:38 WIB

Empat PNS Tasikmalaya terkait Narkoba, Sekda: Sudah Tidak Ngantor

Sekda Tasikmalaya menyebut empat PNS itu diproses Badan Kepegawaian.

Rep: Bayu Adji P/ Red: Irfan Fitrat
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan.
Foto: Republika/Bayu Adji P
Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan.

REPUBLIKA.CO.ID, TASIKMALAYA — Polres Tasikmalaya Kota mengungkap empat pegawai negeri sipil (PNS) di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, positif menggunakan narkoba. Salah satunya kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya berinisial AA.

Keempat PNS itu tidak ditahan karena polisi sejauh ini tidak mendapatkan barang bukti narkoba. Menurut Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya Ivan Dicksan, keempat orang itu statusnya masih PNS aktif. “Sementara ini statusnya masih aktif, tapi sudah tidak ngantor,” kata dia kepada Republika, Jumat (17/3/2023).

Baca Juga

Sekda mengatakan, Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya tengah memproses empat PNS itu. “Kami sedang proses dengan BKPSDM (Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia) karena kami baru mendapat informasinya,” ujar dia.

Menurut Sekda, Penjabat (Pj) Wali Kota Tasikmalaya juga telah menugaskan kepala BKPSDM untuk memproses keempat PNS yang diduga terkait penyalahgunaan narkoba. Soal bentuk penindakannya, ia belum bisa memastikan. “Kami akan lihat penindakan berdasarkan ketentuan, rujukannya ke mana. Apa yang mesti dilakukan sesuai ketentuan yang berlaku untuk pembinaan terhadap mereka,” kata Sekda.

Berdasarkan informasi dari Polres Tasikmalaya Kota, PNS yang tes urinenya positif narkoba itu adalah AA (kepala Bappelitbangda Kota Tasikmalaya), TS dan FR (staf Bappelitbangda Kota Tasikmalaya), serta AN (pegawai kelurahan di Kecamatan Cibeureum). Para PNS itu dinyatakan positif berdasarkan hasil tes urine yang dilakukan di Polres Tasikmalaya Kota, Senin (13/3/2023).

Berdasarkan informasi dari situs web Pemerintah Kota Tasikmalaya, pada Kamis (16/3/2023), Kepala Bappelitbangda Kota Tasikmalaya dikabarkan ikut mendampingi Pj Wali Kota Tasikmalaya Cheka Virgowansyah menghadiri kegiatan APBD Awards Tahun 2023, yang digelar di Mercure Convention Center, Jakarta. Dikabarkan kegiatan itu juga dihadiri Sekda Kota Tasikmalaya dan kepala BPKAD Kota Tasikmalaya.

Sekda mengaku belum mengetahui kabar AA terkait kasus narkoba saat pergi ke Jakarta pada Kamis. “Kami baru tahu setelah ada informasi dari kepolisian. Waktu diajak ke Jakarta belum tahu,” ujar dia.

Berkaca dari kasus ini, Sekda mengatakan, ke depan Pemkot Tasikmalaya akan berupaya meningkatkan pengawasan dan deteksi dini terhadap para aparatur sipil negara (ASN).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement